Dinkes Tangsel Gelar Tes Kebugaran Calon Jamaah Haji Tahap Kedua

Tangsel | Citranewsindonesia.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali melakukan tes kebugaran terhadap calon jamaah haji asal Tangsel di Tandon Ciater, Jalan Widya Kencana Ciater, Buaran, Serpong, Tangsel, Selasa, 18 Februari 2020.

Dalam kegiatan itu, para calon jamaah haji mengikuti tes dengan lari kecil atau berjalan kaki mengelilingi Tandon Ciater sepanjang 800 meter sebanyak dua putaran dengan total 1.600 meter sesuai kemampuan.

Sebelum melakukan tes, ratusan calon haji asal Tangsel diperiksa dahulu tekanan darah, menimbang berat badan dan juga mengukur tinggi badan.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang melepas calon haji mengikuti tes kebugaran, mengatakan, Pemkot Tangsel punya kewajiban untuk menjamin kesehatan calon haji asal Tangsel.

“Tugas kami Pemkot Tangsel adalah meyakini dan menjamin kondisinya bapak dan ibu agar tetap sehat, karena hampir 40 hari lebih disana dengan cuaca apakah sama panasnya tahun lalu atau tidak,” terang Walikota.

Dengan adanya tes kebugaran ini, tentunya dapat melihat stamina para calon jamaah haji. Dan, Airin juga mengingatkan kepada ratusan calon jamaah haji jika menjaga kesehatan itu penting karena sehat itu mahal.

BACA JUGA :   Gerakan Pemuda Anshor Tangsel Deklarasi Penolakan Gerakan People Power

“Terlebih untuk melihat stamina Ibu dan Bapak, nanti tawaf tujuh putaran dan sa’i yang harus dijaga, karena sehat itu mahal. Karena kalau sehat ibadah akan khusyuk dan nikmat ibadah. Intinya disini, kami memberikan jaminan dan membatu kondisi Ibu dan Bapak tetap sehat,” ungkapnya.

Bukan hanya Airin saja, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie juga turut meninjau tes kebugaran calon jamaah haji. Tak lupa, Benyamin sedikit memberikan pesan kepada calon jamaah haji agar menjaga kesehatan dari jauh hari.

“Kalau sehat, ibadah semua disana dapat dilaksanakan, tidak ada yang terlewat. Keberangkatan, sebentar lagi jadi Bapak dan Ibu dalam keadaan siap,” imbuh Benyamin.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Iin Sofiawati menjelaskan, jika tes kebugaran merupakan bukan lomba lari atau jalan cepat. Tes kebugaran bertujuan untuk sejauh mana kondisi fisik calon jamaah haji.

“jadi ini tahap kedua, tahap pertama diikuti 726 dan sisanya hari ini. Sebenarnya tes kebugaran itu bukan lomba lari bukan lomba jalan cepat, tapi untuk mengetes kebugaran sejauh mana kemampuan mereka untuk melaksanakan ibadah pada saat sa’i dan tawaf jadi tidak memaksakan diri,” jelas Iin.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Tinjau Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

“Kalau memang dia kemampuan jalan biasa ya jalan biasa dan harus konsisten tidak boleh saat start jalan begitu ditengah lari, tidak boleh,” tambahnya.

Iin juga mengatakan, Dinas Kesehatan akan membedakan calon jamaah haji yang mempunyai riwayat hipertensi dan lansia pada saat mengikuti tes kebugaran.

“Penyakit hipertensi dan sebagainya diperlakukan berbeda dengan yang sehat, misalkan ada penderita penyakit tidak menular lebih kita kawal. Jadi mereka tetap melakukan tes tapi sesuai kemampuan mereka, kalau tidak sanggup dua putaran, hanya satu putaran tidak apa-apa karena beda dengan yang normal. Lansia juga beda, akan diberikan pendampingan,” tutur Iin.

Setelah mengikuti tes kebugaran, calon jamaah haji akan diberikan kesempatan untuk melakukan latihan di rumah guna menjaga kesehatan jantung.

“Setelah ini mereka melakukan latihan di rumah sebelum keberangkatan supaya jantungnya sehat dan stabil. Jangan sampai saat ibadah disana tiba-tiba jantungnya berdetak lebih cepat,” pungkasnya.

(Humas-Kominfo)

Facebook Comments

Redaksi

***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH