26 September 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

FJD : Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Nias Menunggu Proses

1 min read
Jakarta,CitranewsIndonesia— Menantikan jadwal pelantikan Bupati/Wakil Bupati : Nias Induk, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Wali Kota/Wakil Wali Kota Gunung  Sitoli, sedang menunggu proses. 
Informasi yang terima Citranews Indonesia (13/04) melalui Bapak. Firman Jaya Daeli (FHD) menjelaskan bahwa telah berkomunikasi dengan Bapak Tjahyo Kumolo (Mendagri) dan Bapak Soni Sumarsono (Dirjen Otonomi Daerah).

Menurut  Medagri, jadwal pelantikan pergantian kepemimpinan daerah di kepulauan Nias, tetap sesuai periodinisasi.  

Untuk memastikan Surat Keputusan dan Agenda pelantikan seluruh kepada daerah, memerlukan beberapa pertimbangan antara lain

1.    Menyesuaikan dengan jadwal konstitusi, terutama jadwal periode lama yang memang  sudah berakhir secara waktu.

2.    Memastikan kesiapan kepemimpinan yang baru

3.    Mengkonsolidasi dan memaksimalkan jajaran pemerintahan setempat

4.    Menjabarkan Visi – Misi dan program pemerintahan Nasional (Nawacita) di daerah

5.    Melaksanakan apa yang menjadi program, agenda, dan kebijakan sementara Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah yang baru.

Pada saat yang sama, Bapak Firman Jaya Daeli, menambahkan dalam rangka menunggu Proses Administrasi  SK Pengangkatan yang definitif dari Kemendagri,  dapat diambil kebijakan menunjuk Pelaksana Harian (Plh) yang bersifat administratif, teknis dan sementara. 

Sehingga tidak terjadi kekosongan pemerintahan setempat. Namun apabila surat pengangkatan sudah ada maka Pelaksana harian otomatis tidak ada, dan langsung berakhir saat itu.(Karinus)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH