Kejari Tangsel Musnahkan Barbuk 223 Perkara Kejahatan Senilai Rp5 Miliar

Kejari Tangsel Musnahkan Barbuk 223 Perkara Kejahatan Senilai Rp5 Miliar

TANGERANG SELATAN | citranewsindonesia,com – Barang bukti (Barbuk) pelaku kejahatan senilai Rp5 miliar lebih dimusnahkan Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Selatan atau Tangsel.

Hal tersebut berdasarkan 223 perkara yang telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan.

“Jumlahnya sekitar 223 perkara dengan nilai total Rp5 miliar lebih barang bukti yang telah inkrah ini kita musnahkan hari ini,” ungkap Aliansyah, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Selatan, Kamis (25/8/2022).

Aliansyah merinci, perkara-perkara yang dimusnahkan ini adalah tibdak pidana umum seperti narkoba 141 perkara, Undang-undang Kesehatan 1 perkara, pencurian 34 perkara, pemerasan 4 perkara, uang palsu 6 perkara, penipuan 3 perkara, penadahan 1 perkara, pembunuhan 15 perkara.

BACA JUGA :   Antisipasi Lonjakan Urbanisasi di Tangsel, Benyamin : Kita Siapkan Sipermen dan Program D3

Serta perlindungan anak 6 perkara, pemerkosaan 1 perkara, Undang-Undang Darurat 9 perkara. UU ITE 1 perlara serta terakhir UU Perdagangan Orang 1 perkara.

“Untuk narkoba jenis ganja yang dimusnahkan sebanyak 12 kg, sabu 2 kg, sinte 5 kg, senjata tajam 50 buah, senjata api 10 buah, obat-obatan 5.515 butir, handphone 190 unit dan uang palsu baik dollar Amerika maupun rupiah senilai ratusan juta rupiah,” paparnya.

Cara pemusnahan ini, kata Aliansyah, berbeda untuk narkoba dengan cara dibakar dan diblender, handphone dilindas alat berat tandem roller dan ada juga yang dipotong-potong menggunakan gurinda.

BACA JUGA :   VIDEO BEREBUT COWOK SISWI BERANTAM DI PAMULANG

“Saya selaku Kajari beserta Forkopimda mengimbau seluruh warga Kota Tangerang Selatan ini untuk sekali-sekali meningkatkan kesadaran hukum masyarakat supaya tidak terjadi pelanggaran hukum, tidak terjadi tindak pidana diwilayah hukum kita ini,” imbuhnya.

Pemusnahan Barbuk ini juga dihadiri Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Sarly Sollu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan Bambang Noertjahjo dan perwakilan dari Dandim 0506 Tangerang serta Kepala BNN Kota Tangerang Selatan Renny Puspita Sari.

Facebook Comments
HUKUM KRIMINAL TANGERANG SELATAN