ATASI BENCANA, BPBD CILACAP GUNAKAN DANA DARURAT

Foto : Penyerahan bantuan bagi warga terdampak banjir di Desa Madura, Wanareja.(Istimewa)

CILACAP,Citranewsindonesia – Kerugian bencana yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Cilacap sejak awal musim hujan lalu, diperkirakan mencapai Rp 630 juta rupiah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap bahkan harus menggunakan dana tanggap darurat sebesar Rp 600 juta, untuk menanggulangi dampak bencana.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto mengungkapkan, bantuan ini disalurkan bagi warga di kecamatan terdampak, seperti Kawunganten, Gandrungmangu, Sidareja, Wanareja, dan Dayaeuhluhur.

“Bantuan ini disalurkan tidak dalam bentuk uang, tetapi barang. Seperti permakanan, bahan bangunan rumah, peralatan kesehatan, karung pasir, maupun beronjong”, kata Tri Komara, Jumat (8/12/2017).

BACA JUGA :   BUBARKAN ORMAS YANG BERTENTANGAN DENGAN IDEOLOGI BANGSA

Pengalokasikan dana tanggap darurat bencana, menurut Tri Komara sangat penting. Sebab beberapa wilayah di Kabupaten Cilacap terutama bagian barat masuk dalam zona merah kerawanan bencana tanah longsor dan banjir.

Sedangkan di Cilacap bagian timur dan pesisir selatan, wilayah ini kerap dilanda angin kencang dan banjir rob. Dengan persiapan alokasi dana tanggap darurat, maka penyaluran bantuan bagi warga terdampak bencana dapat lebih cepat.

“Kami juga mensiagakan tim khusus yang dinama Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengamati setiap peristiwa dan perkembangan kebencanaan di wilayah Cilacap”, katanya.

BACA JUGA :   PEMBANGUNAN DRAINASE SERAYU PROYEK SILUMAN

Beberapa waktu lalu BPBD Cilacap juga menyalurkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa 120 paket permakanan dan sandang, bagi warga terdampak banjir di Dusun Margasari dan Purwasari, Desa Madura Kecamatan Wanareja. Banjir melanda kawasan itu pada Selasa (14/11/2017) akibat jebolnya tanggul sungai Cibaganjing, sehingga air meluap menggenangi permukiman.(don)

Foto : Penyerahan bantuan bagi warga terdampak banjir di Desa Madura, Wanareja.(Istimewa)

Facebook Comments

Yosua

Kepala Biro

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH