23 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Tahun Baru Imlek 2568, Warga Tionghoa, Sambut Shio Ayam Api

1 min read

Tangsel,citranewsindonesia,— Menyambut datangnya shio tahun ayam api. Ratusan umat Tionghoa di dunia merayakan tahun baru Imlek 2568. Tak ketinggalan ratusan warga keturunan Tionghoa yang berdomisili di Pondok Aren melakukan persembahyangan secara silih berganti di Vihara Dhamma Sabha yang terletak di Gang Damai RT 03/04 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel)

Selamat tahun baru Imlek 2017, Gong Xi Fa Cai, tentunya adalah hari yang istimewa bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, karena tepat di hari Sabtu, 28 Januari 2017 merupakan tahun baru Imlek 2569 dalam kalender Cina,” kata Ok Cou, pengurus Vihara Dhamma Shaba, Sabtu (28/01/2017)
Ok Cou yang di panggil koh Andi menuturkan, di tahun baru Imlek bagi umat Budha, salah satu kesempatan yang baik untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan yang terbaik ditahun ini dari tahun sebelumnya
“Jika ada yang chiong atau shio hari lahirnya bertentangan dengan shio ayam api, mereka harus lebih taat ibadahnya dan minta agar dijauhkan dari bencana yang akan menimpa,” jelasnya.
Asimiliasi dua budaya Tionghoa dan tradisi masyarakat Betawi tampak sangat kental di lingkungan Vihara Dhamma Sabha, layaknya ketika umat Islam merayakan lebaran usai umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri.
“Nuasa toleransi beragama, sepertinya sudah lama terjalin,  terlihat beberapa warga terdekat mengucapkap Go Xi Fai Cai, begitu juga, saat lebaran Kami mendatangi tetangga yang mayoritad muslim,” kata Ok Cou (Abah Ade)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH