23 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Kabid Dikmen Dindikbud Kota Tangerang Lakukan Sidak PPBD Tahun 2016

2 min read
Kota Tangerang,citranewsindonesia,— Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2016 telah di buka. Dengan begitu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang, Ahmad Amarullah lakukan inspeksi mendadak (Sidak),
Adapun sekolah yang dituju, diantaranya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 dan SMAN 2 Kota Tangerang. Sidak dilakukan bertujuan untuk mengetahui stuasi dan kondisi di setiap SMA maupun SMK yang membuka pendaftaran siswa baru.
“Saya di hari pertama penerimaan siswa baru ini, sengaja mendatangi sekolah-sekolah untuk mengetahui kondisi di sekolah tersebut. Untuk hari pertama, SMA Negeri satu dan dua berjalan dengan tertib. Saya berharap di sekolah yang lain juga seperti ini (kondusif.red), ujar Kabid Dikmen Dindikbud Kota Tangerang, Ahmad Amarullah saat ditemui di SMAN 1 Kota Tangerang, Senin (20/6/2016).
Ia menambahkan, pendaftaran untuk SMA dan SMK dibuka selama tiga hari, yakni pada tanggal 20 hingga 22 Juni 2016. Sementara, hasil pendaftaran akan diumumkan pada tanggal 24 Juni dan SMK pada 25 Juni. “Setelah siswa tersebut lulus seleksi maka daftar ulang akan diselenggarakan pada tanggal dua puluh empat, dua puluh lima, sampai dengan dua puluh tujuh Juni,” jelasnya.
Lanjut Amarullah, Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Tahun 2016 ini seperti tahun sebelumnya. Jalur umum sebesar 90 persen, luar kota 5 persen, dan 5 persennya lagi untuk jalur pretasi.
“Jika siswa bersekolah di luar kota, namun siswa tersebut memiliki KK Kota Tangerang, berarti siswa tersebut masuk dalam kota. Kebalikannya, jika siswa sekolah di dalam kota tapi KK siswa itu berada di luar kota maka siswa tersebut harus mengikuti jalur luar kota,” paparnya.
Masih Amarullah, untuk tahun ajaran baru ini Dindikbud Kota Tangerang menerima siswa kurang lebih sebanyak  6.460 siswa. Jumlah tersebut kata dia, sepertiga dari jumlah siswa SMP yang lulus pada tahun ini. Adapun jumlah siswa SMP yaitu 30.000 siswa.
“Jika kita hanya menampung siswa SMK dan SMA Negerii berarti kita hanya bisa menampung seperempat dari seluruh siswa SMP yang lulus tahun ini. Jadi PPDB ini saingannya sangat ketat,” kata pria berkumis.
Amarullah menghimbau kepada para orang tua yang saat ini putra-putrinya sedang mengikuti pendaftaran di sekolah negeri agar tida gegabah ataupun panik. Kata dia, semisal anak tida dapat masuk ke sekolah Negeri, sekolah swasta masih banyak yang menampung. Menurutnya, sekolah swasta juga tidak kalah bagus dengan SMA Negeri,” tutupnya.(Angga/FORWAT)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH