PEMKAB Nias Barat Gelar MUSRENBANG Di Kecamatan Mandrehe Dan Kecamatan Lahomi

PEMKAB Nias Barat Gelar MUSRENBANG Di Kecamatan Mandrehe Dan Kecamatan Lahomi

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Nias Barat, hari ini laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 di Kecamatan Mandrehe dan Kecamatan Lahomi.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu memimpin sekaligus membuka dengan resmi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kecamatan Mandrehe yang dilaksanakan di Aula Paroki Salib Suci Nias Barat-Senin, (13/2/2023).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kecamatan Mandrehe turut dihadiri oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Asisten Setda Kabupaten Nias Barat, pimpinan OPD, Camat Mandrehe, para Kepala Desa, BPD dan perwakilan Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda dan Perempuan se Kecamatan Mandrehe.

Sementara itu, di hari dan waktu yang sama, Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era Era Hia, M.M.,M.Si juga memimpin dan membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan Lahomi yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lahomi.

Camat Mandrehe Farianus Gulo melaporkan bahwa pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Mandrehe telah didahului dengan pelaksanaan Musrenbang di tingkat Desa pada tanggal 25 Februari sampai 7 Maret 2023. Melalui pelaksanaan Musrenbang di tingkat Desa tersebut, menghasilkan berbagai usulan program prioritas untuk dibahas dan disepakti lebih lanjut pada Musrenbang tingkat Kecamatan.

BACA JUGA :   Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 77 Tahun 2022

Selain usulan program dan kegiatan sebagai hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD di Desa, Ia menyampaikan beberapa usulan pembangunan yang penting di Kecamatan Mandrehe seperti peningkatan kualitas jalan di Ibu Kota Kecamatan Mandrehe, pembangunan tribun lapangan bola kaki, bangunan pendukung di pasar tradisional Mandrehe dan juga pembangunan pagar Kantor Camat Mandrehe.

“Usulan tersebut merupakan hal penting untuk mendapat perhatian Pemerintah Daerah, tanpa mengesampingkan usulan yang lain”, ungkap Farianus Gulo.

Sementara itu, Ama Kurnia Gulo, mewakili Tokoh masyarakat Kecamatan Mandrehe, dalam sambutannya mengatakan bahwa dari sekian banyak usulan pembangunan yang telah diusulkan, pembangunan infrastruktur merupakan hal prioritas yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

“Pembangunan infrastruktur terutama jalan, merupakan usulan prioritas di Kecamatan Mandrehe, karena pembangunan infrastruktur, akan menggerakan sektor yang lainnya, yakni di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pembangunan sumber daya manusia”, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota DPRD Nias Barat, Nitema Gulo supaya dalam Musrenbang ini jangan berdasarkan kemauan dan kepentingan sendiri atau beberapa pihak saja namun benar-benar berdasarkan kebutuhan bersama dan masyarakat umum.

BACA JUGA :   Rapat Pleno Pelaksaan Musrenbang Tingkat Kelurahan Dibuka Oleh Wakil Camat Ciracas, Alamsah Diruang Aula Lantai 1

Iapun mengharapkan kepada pemerintah Nias Barat yang saat ini dipimpin oleh Bupati Khenoki Waruwu, agar melanjutkan program yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami menilai pelaksanaan pembangunan selama masa kepemimpinan Bupati Nias Barat sudah on the right track. Lanjutkan program yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat Nias Barat”, ungkap Nitema Gulo.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Khenoki Waruwu mengharapkan kiranya melalaui pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Mandrehe, bisa menghasilkan usulan program prioritas pembangunan yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah Kabupaten Nias Barat.

“Saya mengharapkan melalui Musrenbang ini, rencana program atau prioritas desa yang telah diusulkan agar dapat dibahas untuk memperoleh kesepakatan yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah daerah pada tahun 2024″, ucapnya.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa semua usulan yang telah disampaikan akan dibahas dan disepakati lebih lanjut bersama perangkat daerah pada pelaksanaan Forum SKPD maupun Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
KEPULAUAN NIAS NEWS NIAS BARAT