Terapkan Vokasi Melalui Jalur Nonformal Lulusan PKBM Briliant Siap Masuk Dunia Kerja

Pangandaran | Citranewsindonesia.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Pangandaran diminta untuk mulai membekali peserta didik dengan pendidikan vokasi agar mampu menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja.

Menurut Undang selaku kepala bidang Paud Pangandaran mengatakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat harus mulai memperhatikan pentingnya pendidikan vokasi agar peran PKBM di tengah masyarakat semakin meningkat” katanya

Sementara itu, Rina Herlina selaku ketua PKBM Briliant, Selain memperbanyak pendidikan vokasi, PKBM juga diminta untuk tetap melakukan beragam inovasi terkait model pendidikan yang mampu mendukung keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“PKBM sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat. Salah satunya menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap kerja” kata Rina Herlina saat di wawancarai rekan media, Senin (30/01/2023).

BACA JUGA :   Orang Tua Murid Keluhkan Sistem Zonasi Sekolah Kab.Tangerang

Pangandaran memiliki sumber kearifan lokal yang unggul dari mulai wisata, pertanian serta bahan-bahan alam yang bisa diolah menjadi produk unggulan.

Selain dari kegiatan vokasi, PKBM juga memiliki gerakan literasi yang mana masyarakat hari ini dituntut untuk melek pengetahuan untuk mengahadapi tantangan masa depan terutama dalam dunia digital diakhir tahun 2022 bekerjasama dengan forum taman baca masyarakat telah melaksanakan literasi digital diruang publik yang diselenggarakan di sepuluh kecamatan di kabupaten Pangaandaran.

BACA JUGA :   Alunan Nada Puisi Indah Terdengar Di Puncak Peringatan Hari Jadi Ke-167 Kabupaten Cilacap

PKBM Brilliant ditujukan untuk memberikan akses pendidikan kepada warga melalui jalur nonformal.

“Pendidikan vokasi memang menjadi salah satu perhatian kami karena bisa menghasilkan lulusan yang siap kerja tanpa meninggalkan kewajiban akademik lainnya,”ujarnya

Di PKBM Brilliant juga sudah menerapkan pendidikan vokasi yaitu keterampilan Desain Grafis dan komputer bidang administrasi perkantoran serta tata boga.

Dita sofia Nirmala salah satu narasumber di PKBM Brilliant menambahkan selain dari pendidikan kesetaraan PKBM Brilliant menyelenggarakan Bimbingan belajar komputer program ms word dan microsoft excel. Singkatnya

(Red)

Facebook Comments

Redaksi

***

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH