29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

DISPARBUDPORA Kabupaten Nias Barat Lakukan Penilaian Video Tari Kreasi Aekhula Manari 2022

3 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Setelah melewati tahapan pendaftaran sejak 10 Oktober hingga 17 November 2022, Lomba Tari Kreasi Aekhula Manari 2022 memasuki tahapan penilaian atau kurasi oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (DISPARBUDPORA) Kabupaten Nias Barat. Plt. Kadis Parbudpora April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si pimpin proses penilaian video Tari Kreasi Aekhula Manari 2022, Jumat, (18/11/2022).

Sebanyak 23 tim/sanggar/grup tari kreasi telah mengisi secara daring formulir pendaftaran dan mengunggah video yang diikutsertakan pada lomba dimaksud. Sebelumnya, para peserta grup tari kreasi ini telah melakukan pengambilan video tari kreasi di sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Nias Barat di antaranya Pantai Sirombu, Pantai Gu’u , Puncak Harmoni Somomo hingga Kawasan Ring Road Sirombu.

Meskipun cuaca buruk dan hujan melanda Kabupaten Nias Barat selama beberapa minggu terakhir namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk menampilkan video tari kreasi terbaiknya. Plt. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Aktivitas Sarumaha, S.S menjelaskan antusiasme generasi muda di Kepulauan Nias sangat tinggi dalam mengikuti ajang lomba tari kreasi Aekhula Manari tahun 2022. Peserta lomba tak hanya diikuti oleh grup dari Kabupaten Nias Barat saja namun diikuti dari kabupaten/ kota lainnya seperti kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias.

BACA JUGA :   PU Tangsel Bentuk Tim Gerak Cepat Pelayanan

Sementara dalam sambutannya Plt.Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., menerangkan bahwa penilaian Lomba Tari Kreasi Aekhula Manari dilakukan secara objektif, fair, tanpa ada intervensi apapun.

“Semua peserta lomba telah menampilkan yang terbaik. Video yang ditampilkan peserta semuanya bagus dan layak untuk masuk ke babak final. Namun tim harus bekerja keras menentukan 10 besar terbaik. Tim melakukan penilaian secara objektif dan profesional dengan kriteria penilaian di antaranya kesesuaian juknis lomba, harmonisasi gerakan, kekompakan tim, hingga kreatifitas menciptakan koreografi seni tari,” tandas April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si.

Proses kurasi dilakukan dari Pukul 11.00 WIB sampai dengan Pukul 16.00 WIB. Hasil penilaian akan diumukan malam ini. Finalist 10 besar berhak melaju ke babak final Lomba Tari Kreasi Aekhula Manari Nias Barat pada tanggal 27 November 2022, Pukul 13.00 WIB di Pantai Sirombu, Nias Barat.

Selain itu, kategori favorit akan diperoleh melalui voting video 10 besar finalist yang akan diupload akun resmi instagram Disparbudpora Nias Barat. Proses voting didapat melalui like dan share video sebanyak-banyak dari akun resmi Disparbudpora Nias Barat dari tanggal 18 November hingga 19 November.

BACA JUGA :   Penanganan Sampah Di Kelurahan Batu Ampar Langsung Diangkut Ke Truk Sampah Di Cililitan

Di sela-sela proses kurasi, tamu dari RRI Gunungsitoli yang berkesempatan meluangkan waktu menyambangi kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, turut menyaksikan sekilas proses penilaian yang sedang berjalan. Plt. Kadis Parbudpora menyerahkan plakat kepada Kepala RRI Gunungsitoli, Eno Indrawati, SH.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat mengakui peran RRI Gunungsitoli sebagai lembaga penyiaran yang selama ini telah sangat membantu Kabupaten Nias Barat dalam memublikasikan kegiatan event pariwisata seperti saat event Festival Pesona Aekhula 2022 bulan Juni yang lalu.

Kepala RRI Gunungsitoli, Eno Indrawati, SH berharap Kadisparbudpora Kabupaten Nias Barat dapat meluangkan waktunya minggu depan untuk talkshow seputar kegiatan Event Lomba Tari Kreasi Aekhula Manari Nias Barat 2022.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification