9 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Perkuat Kelembagaan, DISPARBUDPORA Nias Barat Fasilitasi Pelantikan HPI DPC

3 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Dalam rangka penguatan kelembagaan pariwisata, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat (DISPARBUDPORA), akan memfasilitasi pelantikan Himpunan Pariwisata Indonesia Dewan Pimpinan Cabang (HPI DPC) Kabupaten Nias Barat yang dijadwalkan tanggal 29 November 2022.

Hal tersebut disampaikan kata Plt. Kabid Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata Nias Barat, Aktivitas Sarumaha, S.S di ruang kerjanya – Kamis, (3/11/2022).

Dijelaskan bahwa rencana pelantikan ini merupakan hasil tindak lanjut rapat perdana HPI DPC Kabupaten Nias Barat di tahun 2022 yang telah terlaksana pada tanggal 4 Oktober 2022 di ruang rapat kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat. Saat itu rapat membahas tentang penyegaran kepengurusan yang sempat vakum 2 tahun akibat Pandemi Covid-19 serta diskusi persiapan pelantikan Kepengurusan HPI DPC Nias Barat.

Harapan Gulo, S.Par selaku Ketua HPI DPC Nias Barat menjelaskan bahwa Himpunan Pramuwisata Indonesia atau Indonesian Tourist Guide Association (ITGA) adalah organisasi non politik dan mandiri yang merupakan wadah pribadi-pribadi yang berprofesi sebagai pramuwisata. Selanjutnya, Harapan Gulo, S.Par menjelaskan bahwa Musyawarah Pemilihan Pengurus HPI DPC Nias Barat telah terlaksana di bulan September 2020 namun pelantikan pengurus yang seharusnya dilaksanakan tahun 2020 tertunda akibat situasi yang tidak kondusif di masa Pandemi Covid-19. Harapan Gulo, S.Par mengekspresikan kerinduannya agar HPI DPC Nias Barat kembali aktif bergerak menjadi mitra pemerintah dalam upaya menguatkan dunia kepariwisataan di Kabupaten Nias Barat.

BACA JUGA :   150 Anggota PPNI Kabupaten Lebak Disebarkan Ke Wilayah Yang Terdampak Banjir

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si menjelaskan bahwa ada 4 komponen yang harus menjadi perhatian dalam pengembangan kepariwisataan yaitu attraction (daya tarik pariwisata), accessibility (akses menuju lokasi wisata), amenity (fasilitas pendukung di lokasi wisata) dan ancilliary (kelembagaan pariwisata). Terkait dengan komponen ancilliary, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga menganggap sangat penting aspek penguatan kelembagaan pariwisata dalam rangka meningkatkan keterlibatan semua pihak untuk mengembangkan sektor pariwisata.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si mengapresiasi keseriusan pengurus HPI DPC Nias Barat dan mengharapkan komitmen dari setiap pengurus untuk tetap aktif berpartisipasi dalam merawat HPI DPC Nias Barat untuk bertumbuh menjadi lembaga yang kuat dan proaktif memajukan kepariwasataan di Kabupaten Nias Barat.

BACA JUGA :   Pererat Silaturahmi, Kapolda Banten Kunjungi Tokoh Agama Abuya KH. Murtadho

“Saya berharap, HPI DPC Nias Barat sungguh menjadi mitra pemerintah yang saling bersinergis dalam mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Nias Barat”, tandas April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si.

Plt. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Aktivitas Sarumaha, S.S menyampaikan bahwa Kepengurusan HPI DPC Nias Barat direncanakan akan dilantik oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia Dewan Pimpinan Daerah (HPI DPD) Provinsi Sumatera Utara.

“Kita dari Dinas akan membantu memfasilitasi proses komunikasi antara HPI DPC Nias Barat dengan HPI DPD Provinsi Sumatera Utara dalam menyelenggarakan acara pelantikan tersebut yang dijadwalkan pelaksanaanya tanggal 29 November 2022. Kita berharap setelah pelantikan pengurus HPI DPC Nias Barat, para Pengurus mulai aktif kembali dalam merencanakan program-programnya kedepan,” kata Plt. Kabid Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Aktivitas Sarumaha, S.S.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification