8 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Mahasiswa Dan Dosen Program Pascasarjana Magister Manajemen UNPAM Turut Memberikan Pelatihan Dalam Pemberdayaan UMKM Di KUB Leguti

2 min read

Tangerang Selatan | CitraNewsIndonesia.com – Mahasiswa Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) ikut ambil bagian untuk memberikan pelatihan dalam pemberdayaan UMKM untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUB) Leguti di Kelurahan Lengkong Gudang Timur melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Minggu (30/10/2022).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian), yang dikemas dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan.

Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan ini juga menghadirkan Dosen dari Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) sebagai narasumber diantaranya Dr. Yayan Sudaryana M.M., Dr. Ir. Nardi Sunardi, S.E., M.M, Dr. H. Sahro, Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M., Dr. Johari, Dr. Ruknan, Dr. Sahroni, Dr. Muklis Catio dan Bapak Firman Tatarianto, M.A., Ph.D., serta 8 kelompok PKM Mahasiswa dari Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM). Kegiatan ini juga turut dihadiri langsung oleh Bapak Firdiansyah selaku Lurah Kelurahan Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA :   Peringatan Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW Kelurahan Pondok Pucung Dimeriahkan Ustad Jaka Cinta

Tema dari kegiatan ini adalah “Optimalisasi Usaha Masyarakat dengan Penerapan Konsep-konsep Ilmu Manajemen”.

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Leguti sebagian besar beranggotakan ibu-ibu rumah tangga yang berjiwa kreatif dan produktif yang bergabung dalam Kelompok Usaha Bersama dengan tujuan berbisnis dari rumah dan menghasilkan tambahan penghasilan untuk keberlangsungan hidup.

Produk unggulan dari KUB Leguti ini yaitu kerupuk yang bahan bakunya terbuat dari kulit pisang. Ini merupakan sebuah produk dengan terobosan baru yang mungkin tidak ada di tempat lain. Selain itu, KUB Leguti juga memiliki kerajinan tangan lainnya seperti kain perca, bunga dari bahan plastik, boneka dan juga asinan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu manajemen bagi anggota KUB Leguti baik dari segi manajemen produksi dan operasi, manajemen pemasaran khususnya penerapan digital marketing, manajemen keuangan bahkan dari segi manajemen SDM bisa diterapkan dalam pengembangan usaha rumahan yang tergabung dalam KUB Leguti ini.

BACA JUGA :   Jambore Tingkat Tangerang Selatan Dibuka Resmi Wakil Walikota

“Kegiatan ini sangat disambut baik dan antusias oleh masyarakat terutama KUB Leguti. Diharapkan kegiatan dan kerjasama ini akan terus-menerus dilakukan kedepannya supaya mampu memberikan ilmu dan wawasan kepada masyarakat sekitar,” ujar Bapak Firdiansyah dalam sambutannya.

“Kegiatan PKM mahasiswa dari Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) bisa kontinyu dilakukan sehingga dapat memberikan pelatihan dan motivasi sehingga kedepannya produk olahan yang diproduksi oleh KUB Leguti dengan salah satu produk unggulannya yaitu keripik kulit buah pisang menjadi keripik produk unggulan di Kelurahan Lengkong Gudang Timur dan bahkan nasional,” pungkas Bapak Dharma Sewara selaku Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Leguti.

(YustinusHura)

Facebook Comments
Subscribe for notification