2 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pemerintah Kabupaten Nias Barat Gelar Penanaman Perdana Penangkar Benih Padi Sawah Di Moro’o

1 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia,com- Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu bersama Wakil Bupati, Dr. Era era Hia, MM.,M.Si dan Sekda, Prof. Dr. Fakhili Gulo melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Moro’o tepatnya di Desa Gunung Baru, Senin, (15/8/2022) sore.

Pada kunker tersebut, sekaligus dilaksanakan penanaman perdana penangkar benih padi di Lahan Sawah Sikhula Bawazukhu Taro’ofi, Kelompok Tani Sejalan, Desa Gunung Baru, Kecamatan Moro’o.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu berharap dengan hadirnya bibit unggul dapat meningkatkan hasil panen petani di daerah Nias Barat.

BACA JUGA :   Pelantikan Presiden Sukses,Ketua MUI Banten Apresiasi Pengamanan TNI-Polri

“Program penangkar ini merupakan hal yang baru dan pertama kali kita lakukan sebagai perwujudan Pemerintah Soguna Ba Zato, dengan harapan dapat meningkatkan hasil panen petani berlimpah limpah dari sebelumnya”harapnya.

Disebutkannya, menggunakan benih padi unggul yang bersertifikat dapat meningkatkan hasil panen berlimpah, karena benih merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam usaha tani padi sawah.

Sebelumnya dilaporkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Ernawati Gulo, S.Pd.,MM luas lahan sawah di Kabupaten Nias Barat berdasarkan Laporan SP Lahan Tahunan 2021 seluas 2.280 Hektar.

BACA JUGA :   Bupati Zaki Teken MOU Penanganan Aset Dengan Kejaksaan

Kemudian dilaporkannya luas penangkar benih di Kabupaten Nias Barat yang berada di dua lokasi yaitu 15 Ha di Kecamatan Mandrehe Barat dan 10 hektar di Kecamatan Moro’o.
Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan pestisida kepada kelompok tani di Kecamatan Moro’o.

Facebook Comments
Subscribe for notification