28 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Peringatan Hari Keluarga Nasional kE 29 Tahun 2022, Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si Turut Hadir

2 min read

NIAS BARAT | Citranewsindonesia.com — Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 29 Tahun 2022 diperingati Pemprovsu yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, yang pelaksanaannya dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Medan Kamis, 7/72022 , Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si mendapat undangan sebagai peserta dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Nias Barat .

Wakil Bupati Dr. Era Era Hia sempat mengalami kendala berhubung semua tiket penerbangan dari Binaka ke Medan penuh, untung saja Pangdam I/BB memberikan solusi tat-kala ketemu di Nias Barat sebagai rombongan Presiden RI dalam kunjungan kerja (KUNKER) di Pulau Nias yang akhirnya Wabup naik Pesawat TNI AU bersama rombongan Paspampres, kembali ke Medan.

Hari Keluarga Nasional 2022 menjadi momentum yang menyoroti Percepatan Penurunan Stunting dengan mengoptimalkan peran bimbingan keluarga. Hal ini menjadikan Harganas 2022 sebagai ajang sosialisasi kepada keluarga tentang masalah stunting.

BACA JUGA :   Wakil Bupati Nias Barat ,Hadiri Pesta Nikah di Tokosa Hall Onolimbu.

Adapun Tema dan Tagar dari Hari Keluarga Nasional 2022 adalah : Tema Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting #KeluargaKerenCegahStunting.

Pemilihan tema tersebut dilandasi dari keadaan angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4%. Ada target besar untuk mencapat angka stunting 14% pada 2022.

Oleh karena itu, Deputi Agus menyebutkan jika keluarga menjadi tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting.

Misalnya, dengan pencegahan sebelum perkawinan sampai 1000 hari fase kehidupan. Ia menambahkan bahwa Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa

Peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022 diselenggarakan secara daring dan luring.

BACA JUGA :   Rapat Evaluasi akhir Persiapan Pelaksanaan Sidang Sinode ke-XIV dan HUT-70 Gereja Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP) Tahun 2022

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto mengatakan momentum Harganas 2022 harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia.

“Optimalisasi delapan fungsi keluarga, yakni: agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan.

Beberapa kegiatan pada Harganas 2022 adalah sesi program-program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh masing-masing kementerian dan lembaga, dalam urusan membangun ketahanan keluarga dan keluarga bebas stunting.

(Alexander Zai).

Facebook Comments
Subscribe for notification