FKUB Kab.Nias Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama

KAB. NIAS | Citranewindonesia.com — Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama oleh FKUB Kabupaten Nias, dilaksanakan di Gereja Jemaat BNKP Tetehösi Resort 4 (10/05/2022) dengan tema”MODERASI BERAGAMA.” yang dihadiri oleh Para Tokoh dari berbagai Agama dalam Wilayah Kabupaten Nias, baik Pastor, Pendeta, Ustadz dan Perwakilan Pemuda lainnya.

Dalam Pelaksanaan sosialisasi Kerukunan Umat Beragama tersebut, turut dihadiri Kepala Kesbangpol Kabupaten Nias Fo’arota Laoli, SE, MH., Kandepag Kabupaten Nias M. Rosyali Lubis, Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Rahmani O Zandroto, S.KM., Wakil Ketua FKUB Kabupaten Nias Pdt. Drs. Soziduhu Lömbu, M.Pd., juga sebagai salah satu narasumber.

Sekretaris FKUB Kabupaten Nias Pdt. Natalisman Telaumbanua, M.Th sebelum membacakan berbagai rangkaian acara, mengawali dengan Ucapan Selamat datang dan Salam Kerukunan Kepada seluruh peserta sosialisasi yang turut disambut antusias oleh para hadirin, sekaligus berharap semoga apa yang akan disampaikan oleh Bapak Ibu Narasumber, dapat diaplikasikan bersama dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Tanö Niha yang dipimpin oleh Pdt. Noria Gea, S.Th dari Gereja AMIN, terlebih dahulu diawali dengan Doa Pembukaan yang di pimpin oleh Pdt. Yufial Zebua, S.Th mantan Ephorus Gereja AFY.

Ketua Team Pelaksana Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama Alfrin Zebua yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, dalam Laporan nya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih Kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas berkat PertolonganNYA, terlebih-lebih kehadiran Bapak Ibu dan seluruh hadirin pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang sedang berlangsung saat ini. Pada Rapat Perdana Pengurus FKUB tahun 2022 lalu, telah menghasilkan pelaksanaan kegiatan sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini, lanjutnya.

Ketua Team mengatakan bahwa yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini ada 30 orang Peserta sebagai perwakilan dari berbagai Gereja diluar Pengurus FKUB, Narasumber, dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu, sehingga keseluruhannya diperkirakan 65 orang.

Demikian juga sekaligus melaporkan bahwa anggaran biaya yang digunakan pada kegiatan sosialisasi ini bersumberkan dari Dana APBD Kabupaten Nias untuk tahun 2022.

BACA JUGA :   Bupati Nias Barat Pimpin Rakor Sikapi Virus Corona

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Ketua Team mengharapkan Kepada Kandepag Kabupaten Nias sebagai Narasumber kita, kiranya menyampaikan kepada kita tentang Kerukunan diantara Umat Beragama dan juga berharap kepada Kadis Kesehatan Kabupaten Nias juga sebagai Narasumber kita untuk menyampaikan pemahaman kepada kita terkait manfaat pemberian vaksinasi kepada masyarakat, khususnya Kabupaten Nias. Tentu atas pelaksanaan kegiatan ini, berharap kepada Bapak Ibu Tokoh agama agar kita teruskan menyampaikan nya kepada umat di Jemaat masing-masing.

Juga dalam kesempatan ini, atas nama team memohon maaf bila nantinya dalam penyampaian pelayanan dan pemberian kami, terdapat kelemahan serta kekurangan, kiranya dapat dipahami serta memakluminya. Marilah bersama-sama mengikuti acara ini hingga selesai pada akhirnya. Shalom…, Ya’ahowu…, Asalamualaikum waramatulahi wabarakatu…, Salam Kerukunan ! Ketua Team mengakhiri.

Selanjutnya, dalam kata Sambutan Ketua FKUB Kabupaten Nias, juga Praeses Resort 3 BNKP Pdt. Drs. Afolo Daeli, M.Min mengatakan bahwa saat ini kita mengucapkan Puji Syukur Kepada Tuhan dimana kita sedang berada dalam Sukacita Besar.

Ada 2 Perayaan besar yang sedang kita rayakan saat ini, Paskah dan Idul Fitri 144 H. Kerukunan Umat Beragama bukan Kerukunan Agama. Sebab akidah dan doktrin masing-masing agama harus terjadi. Tapi Kerukunan ini harus terjadi. Kerukunan ini artinya, membuka ruang dan hati kita terhadap yang berbeda agama dan kepercayaan dengan kita.

Negara kita Republik Indonesia sungguh Luar biasa, karena lebih dari 700 suku yang terdiri dari berbagai perbedaan namun tetap dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Kemudian, Kerukunan itu dapat kita nikmati apabila kita saling berkunjung dan silaturahmi antara kita sesama Umat Beragama. Kita juga berterimakasih atas kehadiran ditengah-tengah kita Narasumber kita yang luar biasa dan mari kita ikuti bersama kegiatan ini terlebih-lebih kita harapkan Kakan Kesbangpol Kabupaten Nias untuk membuka secara resmi Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama pada hari ini. Tutup Ketua FKUB.

BACA JUGA :   Listrik Sering Padam, Wakil Bupati Nias Barat minta PT. PLN Persero ULP Nias Barat Benahi Pelayanan

Kakan Kesbangpol Kabupaten Nias Fo’arota Laoli, SE., MH Berterimakasih kepada Pengurus FKUB Kabupaten Nias dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi Kerukunan Umat Beragama ini sekaligus atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Membuka secara resmi Pelaksanaannya di Gereja BNKP Jemaat Tetehösi Resort 4.

Penyampaian materi Sosialisasi oleh Narasumber, di pandu oleh Pdt. Idaman Gulö, S.Th dan Narasumber yang telah di Undang, terdiri dari :
1. Kakan Kemenag Kabupaten Nias M. Rosyali Lubis.
2. Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Rahmani O Zandroto, S.KM.
3. Mantan Ephorus AFY juga Wakil Ketua FKUB Kabupaten Nias Pdt. Drs. Soziduhu Lömbu, M.Pd.

Setelah penyampaian materi sosialisasi oleh ke 3 Narasumber, dilanjutkan dengan Doa sebelum acara jedah yang pimpin oleh Pendeta Jema’at BNKP Na’ai Pdt. Desiaro Gea, S.Th.

Diakhir acara, Kata Penutup disampaikan oleh Pastor Sirilus Temamanö Gulö, Pr, mengucapkan terimakasih Kepada Pengurus FKUB, Team Pelaksana kegiatan sosialisasi dan terlebih Kepada Narasumber dan semua pihak atas dukungannya, sehingga telah dapat terlaksana kegiatan sosialisasi Kerukunan Umat Beragama ini. Apa yang telah kita dapatkan dari Narasumber kita, janganlah kita sia-siakan, kiranya kita menjadi penyambung lidah kepada saudara kita ditempat kita masing-masing agar dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Demikian juga berterimakasih kepada Bapak Praeses Resort 4 juga sebagai Sekretaris FKUB Kabupaten Nias dan Kepada Pendeta Jemaat BNKP Tetehösi dimana atas Pelaksanaan Kegiatan ini kita telah dapat menggunakan lokasi di Gereja BNKP Jemaat Tetehösi.

Kita bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan dimana kegiatan kita pada hari ini dapat terlaksana dengan lancar, aman, sukses dan terkendali. Salam Kerukunan ! Pastor Sirilus Temamanö Gulö, Pr mengakhiri.

(EHL)

Facebook Comments

Eben Haezer

KEPALA BIRO

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH