26 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Tujuh Gapoktan Terima Bantuan CSR Berupa Cultivator

2 min read

Kab. Cilacap | CitraNewsIndonesia.com – Tujuh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang berada di tujuh Desa di wilayah Kecamatan Jeruklegi menerima bantuan CRS berupa cultivator dari Anggota DPR RI komisi VI, Adisatrya Suryo Sulisto.

Pemberian bantuan CSR cultivator kepada tujuh Gapoktan di wilayah Kecamatan Jeruklegi dalam acara Reses Anggota DPR RI Komisi VI dari Partai PDI-P Wilayah Dapil VIII Jawa Tengah Adisatrya Suryo Sulisto masa sidang II/tahun sidang 2021-2022 yang dilaksanakan Sabtu (16/10), bertempat di kediaman Andry Leonard Rotty selaku Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Fraksi PDI Perjuangan.

Tujuan pemberian bantuan CSR berupa cultivator, Adisatrya Suryo Sulisto menjelaskan pada media, pemberian cultivator sebanyak 7 unit kepada Gapoktan untuk membantu para petani dalam persiapan lahan.

“Saya berharap pemberian CSR cultivator agar produktifitas petani semakin meningkat yang bertujuan agar tercapainya program ketahanan pangan, khususnya di wilayah Jeruklegi”, ungkapnya.

Dalam acara Reses masyarakat mengeluh selama ini mengalami kesulitan memperoleh pupuk. Menanggapi keluhan para petani tentang kelangkaan pupuk bersubsidi, Adistrya mengakui bahwa alokasi pupuk bersubsidi masih belum merata, oleh karenanya pihaknya akan menyampaikan aspirasi dari petani tersebut ke pusat untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA :   Kades Kuripan Kidul Cek Proyek APBD Provinsi

“Sistemnya seperti apa, nanti kita tinjau ulang. Saya belum fahami betul, nanti akan saya koordinasikan ke pusat agar segera diperbaiki sistemnya supaya penyaluran pupuk bisa lebih tertata dan akurat,” ucapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Fraksi PDI Perjuangan, Andry Leonard Rotty menambahkan, pihaknya tengah mendata luas lahan para petani khususnya di wilayah Kecamatan Jeruklegi dan kemudian akan dikoordinasikan kepada instansi terkait.

“Kendala di lapangan yakni terkait pengiriman pupuk bersubsidi dari pusat. Kuota yang kita ajukan untuk Kabupaten Cilacap tinggi, namun yang disetujui oleh Kementrian masih sedikit dan kita terus berupaya agar kuota pupuk untuk petani semua terpenuhi,” katanya.

Sementara, ketujuh Gapoktan yang mendapat bantuan cultivator tersebut antara lain, kelompok tani ‘Citra Mandiri’ Desa Citepus, ‘Lestari Bumiku’ Desa Cilibang, ‘Manunggal’ Desa Sumingkir, ‘Anugerah Makmur’ Desa Jeruklegi Kulon, ‘Wiya Tani’ Desa Sawangan, ‘Mugi Lestari’ Desa Jeruklegi Wetan dan kelompok tani ‘Tani Makmur’ Desa Prapagan.

#Jos.

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH