Heri Kiswanto Tenaga Kontrak Sergai, Menambah Penghasilan Dengan Beternak Kelinci

Serdang Bedagai, Citranewsindonesia – Guna menambah penghasilan sebagai pegawai kontrak di Salah satu instansi di kabupaten Serdang Bedagai, membuat Heri Kiswanto Warga Dusun 11 Firdaus Meteran Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah harus memutar otak mencari penghasilan tambahan.Penghasilan tambahan itu berupa beternak Kelinci.

Hal itu diungkapnya kepada Wartawan Senin (28/12/2020) di kandang kelinci miliknya, bahwa awal mula dirinya memulai usaha peternakan kelinci bermula dari ketertarikan putrinya dengan imutnya kelinci.

“Awal mula usaha ini, anak saya sangat suka dengan kelinci, dari situ saya terinspirasi ingin mengembangkan usaha ternak kelinci tersebut.” Ungkap heri.

Heri juga menyebutkan, meski dirinya memiliki usaha peternakan kelinci, namun dirinya tidak meninggalkan pekerjaan utamanya sebagai Pegawai Kontrak pada Dinas Polisi Pamong Praja. Heri mengatakan bahwa aktivitasnya sebagai peternak kelinci tidak mengganggu fokus pada pekerjaan utamanya.

Sebab, lanjut Heri, bahwa dalam beternak kelinci itu mudah tidak membutuhkan banyak waktu dalam mencari pakan, serta sangat banyak sekali terdapat pakan alternatif, sehingga jika mendapati jadwal pekerjaan yang padat, dapat diantisipasi dengan pakan alternatif lain seperti pelet dan ampas tahu.

BACA JUGA  Laskar Betawi Tangsel Siap Menuju Rakerda 2017

Selain memiliki peternakan kelinci, Petugas Satpol PP Pemkab Sergai ini juga melakukan inovasi dengan memproduksi Gerabah wadah pakan kelinci atau wadah pakan yang terbuat dari campuran semen dengan pasir, “Melihat akan kebutuhan perlengkapan peternakan kelinci yang cukup tinggi, saya mencoba berinovasi memproduksi wadah pakan dari beton,”

“Dan syukur alhamdulillah, peminat akan wadah pakan yang saya produksi cukup tinggi, saya telah mengirim wadah pakan hasil produksi saya hingga sampai ke luar kota dengan harga jual Rp. 15.000/pcs.” ungkap Heri

Dalam kesempatan itu, Heri yang memiliki seorang istri dan seorang anak, membeberkan penghasilannya dari beternak kelinci, “Alhamdulillah perbulannya saya bisa menjual sebanyak 35 ekor anakan kelinci berusia sekitar 45 hari dengan harga Rp. 50.000 per anakannya.”

Ditambahkannya bahwa kebutuhan akan kelinci di Kabupaten Serdang Bedagai sangat tinggi, para peternak yang ada di Sergai belum mampu memenuhi permintaan kelinci, oleh sebab itu, Heri menyebutkan bahwa peternakan kelinci memiliki potensi yang cukup tinggi.

BACA JUGA  Wakil Walikota Benyamin Davnie Serahkan Bantuan Yatim Di Koceak

Heri memaparkan bahwa daging kelinci memiliki kandungan lemak (kolesterol) yang sangat rendah, serta memiliki banyak manfaat dalam kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah meningkatkan reproduksi manusia, “Kesuburan reproduksi, teman saya 6 tahun menikah, hampir Semua ikhtiar telah dilakukan, syukur alhamdulillah dengan izin Allah SWT, Ikhtiar mengkonsumsi daging kelinci ini yang berhasil memberikannya momongan anak pertamanya,” kata Heri.

Sejauh ini, Heri melakukan pemasaran hasil dari peternakannya hanya mengandalkan media sosial (medsos) dengan akun Facebook @Heri Kiswanto dan @Nurul Ayumi serta tatap muka langsung di kandang kelinci Aqila Rabbits yang tepat berada Dusun 11 Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah atau juga dapat ditemui melalui google maps.

Tak lupa, di tempat yang sama Heri Kiswanto menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Sergai melalui Dinas terkait untuk lebih memperhatikan para peternak kelinci, agar peternak kelinci di Kabupaten Sergai lebih maju dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan permintaan pasar di Sergai.

(Aripin)

 184 kali dilihat

Facebook Comments

Aripin

Kepala Biro Sergai

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH