12 Agustus 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Benyamin Davnie Pimpin Apel Bulan Bakti K3 Tingkat Kota Tangerang Selatan 2018

2 min read

TANGSEL,Citranewsindonesia – Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie Pimpin Apel Bakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)pada Perusahaan ditingkat Kota Tangerang Selatan di halaman depan PT. Graha Telkomsigma, pada hari Rabu(21/2/2018). Apel Bakti K3 ini dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2018.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie dalam amanatnya mengatakan bahwa Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sangatlah di semua tempat kerja. Hal ini bertujuan agar tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja terjamin keselamatannya, peralatan asset, dan sumber produksi dapat dipergunakan secara aman dan efisien terhindar dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Pemerintah telah mengamanatkan bahwa di semua tempat kerja, Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus diterapkan. Hal ini tertuang dalam Undang – Undang No. 1 Tahun 1979” tegasnya.

Menurutnya, K3 merupakan persyaratan global saat ini. Kesadaran akan K3 menjadi syarat peting disamping pengupahan dan jaminan sosial. Standar K3 pun harus terus ditingkatkan hingga level internasional. Sebab K3 menjadi standar wajib setiap perusahaan untuk bersaing di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

BACA JUGA :   FIRMAN HAREFA,SH DAPAT DUKUNGAN DARI IBU-IBU PENGAJIAN

Disamping itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan, H. Purnama Wijaya, melaporkan kecelakaan kerja hasil dari laporan perusahaan ke Dinas Ketenagakerjaan bahwa jumlah kecelakaan kerja selama Tahun 2017 berjumlah 100 kasus yang terdiri dari sembuh 15 orang, Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) 26 orang, cacat 55 orang dan Meninggal 4 orang.

Salah satu penyebab kejadian ini adalah pelaksanaan dan pengawasan K3 sekaligus perilaku masyarakat industri pada khususnya dan masyarakat pada umumnya belum optimal. Untuk itu, peningkatan upaya K3 masih terus dibutuhkan dalam mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. “Pemkot melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan mengapresiasi atas kinerja para pengusaha/pemilik perusahaan dan jajarannya karena telah memberikan rasa aman dan nyaman para pekerjanya untuk bekerja”, Kata Purnama.

BACA JUGA :   PT Jaya Real Property Bintaro, Tampik Gunakan Air Tanah Meski Terdata

Apel Bulan Bakti K3 Tahun 2018 kali ini mngundang 50 perusahaan yang ada di Kota Tangerang Selatan termasuk BPJS Ketenagakerjaan Cabang BSD dan PT. Trakindo Utama BSD untuk berpartisipasi dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan K3 yang efektif dan efisien. Pemerintah Kota Tangerang Selatan berkeinginan agar prestasi nihil kecelakaan kerja bisa dijaga dan ditingkatkan dari tahun ke tahun dengan disertai optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 ditempat kerja sehingga tahun ke depan selalu ada peningkatan perusahaan yang mendapatkan penghargaan K3.

(humas_kominfo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH