Sekolah Ini Sama Berkualitas dengan SD Negeri Terbaik di Amerika

Sekolah Ini Sama Berkualitas dengan SD Negeri Terbaik di Amerika

Sabina mengamati kegiatan membaca terbimbing di kelas awal dengan buku bacaan berjenjang.

Batu – Pembelajaran di SDN Sumbergondo 2 Batu, Jawa Timur, dinilai Sabina Behague Senior Communication Specialist International Education Research Triangle Institute Amerika, sama berkualitasnya dengan sekolah SD negeri berkualitas baik di sekitar Washington DC, Amerika. Sekolah ini, menurut Sabina bisa menjadi model yang baik bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia dan di dunia.

“Saya melihat para siswa difasilitasi guru untuk melakukan kegiatan membaca bersama dengan menyenangkan, berdiskusi di kelompok kecil, melakukan percobaan, dan diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Siswa menjadi lebih percaya diri dan terbiasa memecahkan masalah dalam pembelajaran. Kualitas pembelajaran di sekolah ini sama berkualitasnya dengan sekolah negeri berkualitas baik di tempat tinggal saya di area Washington DC,” kata Sabina usai mengunjungi SDN Sumbergondo 2, Kamis (28/9/2017).

SDN Sumbergondo 2 Batu adalah salah satu dari 34.000 sekolah penerima manfaat program USAID PRIORITAS. Walaupun berada di wilayah pedesaan di bawah kaki gunung Arjuna, sekolah ini memberikan pembelajaran berkualitas dunia untuk para siswanya. Menurut Sri Winarni, sang kepala sekolah, semua guru sudah berkomitmen untuk menerapkan pembelajaran aktif yang memfasilitasi siswa menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

BACA JUGA :   860 Pelajar Ikuti MTQ Pelajar Ke-VI Tingkat Kota Tangsel

Di dalam pembelajaran siswa sudah dibentuk kelompok-kelompok kecil untuk belajar secara kooperatif. Pajangan hasil karya siswa mulai kelas I sampai kelas VI, sudah memperlihatkan kemampuan belajar yang menghasilkan karya yang ditulis dengan kata-kata mereka sendiri. Misalnya di kelas I, tampak pajangan hasil karya siswa yang membuat laporan hasil wawancara dengan orang tuanya tentang ciri-ciri dirinya sendiri saat mulai baru lahir sampai usia 7 tahun. Di jenjang kelas yang lebih tinggi, hasil karya siswa tampak lebih menantang, terstruktur, dan ditulis dengan kalimat yang lebih panjang. Seperti di kelas VI siswa membuat laporan percobaan membuat rangkaian listrik sederhana, serta keuntungan dan kerugiannya.

BACA JUGA :   Gubernur Banten Blusukan Sidak Pelaksanaan UNBK SMA di Kota Tangerang

Kemajuan yang terjadi di SDN Sumbergondo 2 ini membuat Pemerintah Kota Batu melalui dinas pendidikan menunjuk sekolah ini menjadi sekolah rujukan. “Banyak guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang melakukan studi visit ke SDN Sumbergondo 2. Mereka bisa belajar implementasi pembelajaran aktif, budaya baca, manajamen berbasis sekolah dan peran serta masyarakat yang berhasil,” tukas Mistin Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu.

Dinas Pendidikan Kota Batu juga berkomitmen menyebarluaskan keberhasilan sekolan ini ke sekolah-sekolah nonmitra di Kota Batu. Dinas pendidikan pada bulan Oktober 2017 akan melatih guru-guru dari sekolah-sekolah nonmitra USAID PRIORITAS. “Kami mau semua sekolah di Batu sama berkualitasnya seperti sekolah ini,” kata Mistin lagi.

Tahun 2017 ini, SDN Sumbergondo 2 Batu juga berhasil mempertahankan peringkat 1 UASBN. Bahkan kepala sekolahnya juga meraih prestasi sebagai kepala sekolah terbaik se-Kota Batu.

RILIS USAID PRIORITAS

Facebook Comments
DAERAH