29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Orang Tua Berikan Asupan Makanan Bernutrisi Sehat Pada Anak

3 min read

BANTEN | Citranewsindonesia.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi terus berupaya menekan angka stunting dan gizi buruk untuk melahirkan generasi bangsa yang sehat dan tangguh. Salah satunya dengan memberikan asupan makanan bernutrisi sehat kepada anak.

Demikian hal itu disampaikan Al Muktabar usai menghadiri Pemberian Nutrisi Sehat Anak Untuk Anak Cerdas Sebagai Upaya Pencegahan Stunting yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan Provinsi Banten bersama Pemerintah Provinsi Banten di Halaman Kantor Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Selasa (15/11/2022).

“Kita terus-menerus melakukan langkah-langkah teknis untuk bagaimana anak-anak kita yang mengalami keadaan stunting atau keadaan lainnya yang memerlukan Pemerintah hadir dalam rangka perbaikan gizi. Oleh karenanya, kita memberikan aktivitas penambahan nutrisi sehat anak agar anak sehat dan cerdas ,” ungkapnya.

Al Muktabar juga mengajak masyarakat untuk dapat mengelola makanan yang memiliki nutrisi sehat anak, Sebisa mungkin makanan itu dapat disajikan dengan inovatif, sehingga dapat meningkatkan selera makan bagi anak-anak.

“Kita juga sosialisasikan tanaman sederhana, mudah dan memiliki khasiat, yaitu pohon kelor. Daun kelor juga bisa di kombinasikan dengan makanan lainnya seperti Sop Ikan Daun Kelor yang saat ini ditampilkan pada demo masak,” katanya.

BACA JUGA :   Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi Hasil Pembahasan LKPJ Wali Kota Depok Tahun 2018

Tidak hanya itu, Al Muktabar juga berpesan kepada orang tua, terutama kepada pasangan muda yang telah memiliki anak untuk dapat menjaga asupan nutrisi sehat yang diberikan kepada anak.

“Untuk orang tua, terutama kepada orang tua muda, penting sekali nutrisi sehat pada anak itu. Nutrisi sumber tumbuh kembang anak, sehingga anak akan menjadi sempurna ke depan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga menyampaikan dalam upaya penanganan stunting dan gizi buruk, pihaknya meminta kepada Kepala Desa dan Lurah untuk dapat mendata secara detail anak-anak yang memiliki resiko stunting dan gizi buruk. Serta berharap kepada orang tua dapat melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi terhadap tumbuh kembang anak.

“Kepala Desa dan Lurah mencatat by name by address dari anak-anak yang mengalami stunting, biar kita dapat lihat perkembangannya,” jelasnya.

Sementara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Banten Tuchfah Tranggono menyampaikan dengan diselenggarakan kegiatan tersebut diharap dapat menekan angka stunting dan gizi buruk, serta meningkatkan kecerdasaan dan kesehatan pada anak.

“Tujuan dilaksanakan acara ini dapat mengurangi penderita stunting di Provinsi Banten, meningkatkan kecerdasaan dan kesehatan pada anak,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Camat Mancak Kabupaten Serang Erwin Saefulloh menuturkan pihaknya bersama dengan Kepala Desa dan Puskesmas di Kecamatan Mancak telah berkomitmen serta berupaya untuk menurunkan angka stunting dan gizi buruk.

BACA JUGA :   Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda R-APBD TA 2020

“Dengan para Kepala Desa dan Puskesmas telah berkomitmen untuk senantiasa menurunkan angka stunting dan gizi buruk, selain itu kita juga ada program ketahanan pangan. Alhamdulillah ada penurunan angka stunting di kecamatan Mancak,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar juga memberikan sejumlah bantuan kepada anak stunting dan keluarga berisiko stunting dan gizi buruk, bantuan tersebut berupa Beras, telur, Kacang Hijau, Susu, Telur, Ikan Nila Merah, ayam dan bantuan lainnya.

Tidak hanya itu, Al Muktabar juga melakukan demo masak membuat sop ikan dan daun kelor, dan membuat nuget, serta menyerahkan bantuan dari Pemprov Banten (OPD) dan Baznas Provinsi Banten berupa bantuan bahan pangan bergizi untuk 55 anak berisiko stunting di wilayah Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten, Sitti Ma’ani Nina dan Kasatpol PP Provinsi Banten Agus Supriyadi dan tamu undangan yang lainnya.

Facebook Comments
Subscribe for notification