Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pj Sekda Tranggono Ajak Pemuda Tangani Stunting

Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pj Sekda Tranggono Ajak Pemuda Tangani Stunting

Serang | Citranewsindonesia.com – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Banten, M. Tranggono mengajak pemuda di Provinsi Banten aktif tangani stunting. “Kita berharap, pemuda berperan dalam penanganan stunting,” kata Tranggono usai memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Banten di Lapangan Apel Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Jl. Syech Nawawi Al-Bantani, Palima Curug Kota Serang.

Tranggono mengatakan kondisi Provinsi Banten saat ini sudah cukup baik. Dalam kondisi sulit akibat Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten mencapai 5,70%. Berada di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional yang mencapai 5,44%.

Selain itu, dalam suasana krisis global, Provinsi Banten mampu mengendalikan inflasi secara tahun ke tahun (September 2021 – September 2022) pada angka 5,86%. Di bawah angka inflasi nasional yang berada pada angka 5,95%. Atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Banten mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat berupa Dana Insetif Daerah (DID) sebesar Rp10 miliar.

Tranggono mengatakan, atas kondisi tersebut, tantangan yang dihadapi adalah menjadikan kondisi Provinsi Banten lebih baik lagi. Salah satu tantangan saat ini, adalah penanganan stunting di Provinsi Banten. Dalam kesempatan tersebut, Tranggono mengajak peran aktif pemuda dalam penanganan stunting. “Kami mengajak pemuda berperan dalam penanganan stunting di berbagai aktivitas di masyarakat. Salah satunya, melalui kader-kader Posyandu,” ajaknya.

BACA JUGA :   Jalin Silaturahmi, Wakapolda Banten Kunjungi Kejaksaan Tinggi Banten

Tranggono mengatakan, saat ini, tidak sedikit pemuda yang terlibat menjadi kader-kader Posyandu yang merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting. “Saya meyakini, dengan kekuatan pemuda, penanganan stunting bisa menjadi lebih baik,” katanya.

Selain itu, Tranggono menjelaskan, Indonesia sedang berupaya meraih Indonesia Emas pada Tahun 2045 mendatang. Untuk itu, saat ini Pemprov Banten sedang mempersiapkan para pemuda untuk meraih Indonesia Emas tersebut. Salah satunya, menyediakan sarana-sarana Pendidikan yang baik untuk meningkatkan kompetensi pemuda. Selain itu, Pemprov Banten melaksanakan berbagai pelatihan kewirausahaan untuk pemuda.

Tranggono mengatakan, pemuda merupakan pewaris bangsa. Karena itu, pihaknya terus berupaya mempersiapkan pemuda-pemuda. “Apabila pemudanya hebat, Indonesia bisa kuat,” katanya.

Dalam Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Tranggono bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan peserta upacara adalah para Kepala OPD dan pegawai di Lingkungan Pemprov Banten.

BACA JUGA :   Satresnarkoba Polres Serang Amankan Pelaku Pengedar Pil Koplo

Dalam upacara itu, Pemprov Banten memberikan penghargaan kepada pemuda-pemuda berprestasi, antara lain kepada Putri Viona dan Isra Mashel Arifin yang telah membawa haru Provinsi Banten sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Nasional Tahun 2022. Kepada keduanya diberikan apresiasi berupa uang sebesar Rp10 juta. Selain itu, apresiasi sebesar Rp30 juta, diberikan kepada Rizky Juniansyah peraih tiga medali emas Kejuaraan Angkat Besi Islamic Solidarity Games 2022 di Konya, Turki. Selanjutnya, apresiasi sebesar Rp10 juta diberikan kepada Raji’ah Sallsabillah, Juara III Panjat Tebing Asia IFSC Asia Continental Championships 2022 di Seoul Korea Selatan.

Dalam ksempatan tersebut, Inspektur Upacara Tranggono membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Zainudin Amali. Dalam sambutan tersebut Zainudin Amali mengatakan pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. “Apa yang dilakukan pemuda sekarang menjadi penentu kemajuan Indonesia pada masa yang akan datang,” kata Menpora Zainudin Amali.

Facebook Comments
BANTEN KOTA SERANG NEWS