29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pj Gubernur Al Muktabar : Pramuka Tanamkan Pengabdian Pada Bangsa Dan Negara

2 min read

BANTEN | citranewsindonesia,com – Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar mengungkapkan Gerakan Pramuka telah menanamkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Melalui Pramuka banyak terlahir. Para pemimpin melalui nilai-nilai kepanduan.

“Melalui Pramuka, kita akan terus mendedikasikan diri pada bangsa dan negara,” ungkap Al Muktabar dalam Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten di Alun-Alun Kramatwatu, Kabupaten Serang, Minggu (28/8/2022).

“Kita mengabdi untuk membangun ketangguhan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Dikatakan, Gerakan Pramuka menanamkan berbagai sistem nilai. Di dalamnya terkandung bekal dedikasi kepada bangsa dan negara.

“Kita yakin, Indonesia akan tetap jaya dan maju,” ungkap Al Muktabar.

BACA JUGA :   Polsek Curug Bitung Tingkatkan Sinergitas Bersama Ulama Dan Umaro

“Dari Pramuka, banyak terlahir para pemimpin melalui nilai-nilai kepanduan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Al Muktabar mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 relatif terkendali. Perekonomian Provinsi Banten semakin baik. Bahkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten di atas pertumbuhan ekonomi Nasional.

Al Muktabar juga berpesan kepada adik-adik Pramuka yang saat ini sedang belajar untuk memiliki tiga kemampuan. Yakni: kemampuan kuantitatif (berhitung), kemampuan komunikatif (kemampuan berbahasa), serta kemampuan religius (agama).

“Dengan dedikasi yang ditanamkan, menjadi modal kita untuk membangun Provinsi Banten,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah Pramuka Banten Septo Kalnadi mengungkapkan Peringatan Hari Pramuka Ke-61 baru dilaksanakan karena sebelumnya bersamaan dengan Jambore Nasional.

BACA JUGA :   Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Angkatan 2015 Serang,Gelar Temu Kangen

Dikatakan, setelah pandemi Covid-19 melandai muncul tantangan untuk antisipasi Pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib bagi siswa. Sehingga perlu peningkatan para pembina Pramuka.

“Perlu bantuan stakeholder untuk dana pembinaan,” ungkapnya.

“Khususnya para Kepala Sekolah sebagai majelis pembina gugus depan,” tambah Septo.

Masih menurut Septo, pada tahun 2023, Kwarda Pramuka Banten akan menggelar Jambore Satuan Karya Pramuka di Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Tangerang, Bumi Perkemahan Curug.

Facebook Comments
Subscribe for notification