25 September 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Bupati Nias Barat Lakukan KUNKER Di Kepulauan Hinako Kecamatan Sirombu

3 min read

Nias Barat – Citranewsindonesia.com – Bupati Nias Barat bersama Kadispen Hadriansus Hia, S.Pd., M.M dan Kadiskes Sabahati Gulo, S.Sos,. M.M, Sekdiskes Azwardin Laia SKM., M.Kes turun gunung melakukan kunjungan kerja (KUNKER) di Puskesmas Rawat Jalan Pulau Hinako, SDN 071171 Hinako, SDN Hanofa, SMPN-4 Sirombu, Rabu, 10/08/2022.

Bupati Nias Barat mengatakan bahwa, kunjungan ini adalah untuk pertama kalinya setelah terpilih menjadi Bupati Nias Barat Desember 2021 kemarin, dan saya ditemani oleh Kadiskes bersama staf, Kadiskes bersama staf, Forkopimcam Sirombu bersama staf, untuk melihat kondisi pembangunan yang telah dibangun selama ini, dan juga memantau keaktifan PNS yang telah ditempatkan selama ini, terlebih-lebih CPNS yang baru.

Bupati Khenoki Waruwu dan rombongan pertama tama memulai kunjungannya di Puskesmas Rawat Jalan Pulau Hinako, bertitik kumpul dan berdialog dengan tokoh dan pegawai medis, serta Kepala Sekolah untuk melihat, mendengar keluhan dan kondisi sebenarnya. Dalam arahan dan bimbingannya Bupati menyampaikan bahwa kehadiran kami disini adalah melihat kondisi pembangunan dan mendengar keluhan masyarakat, apa permasalahan yang kurang selama ini dan dengan kehadiran kami, mari kita pecahkan bersama-sama untuk mendapatkan solusinya, jelasnya.

“Sebelumnya, Kapuskesmas Hinako Sejahtera Zalukhu, A.Mk telah menjelaskan gambaran persoalan yang dihadapi dalam pelayanan medis dan penanganannya selama ini. Baik persoalan kualitas gedung Puskesmas yang rusak dan terdapat gedung yang belum dimanfaatkan selama ini, maupun peralatan medis dan pendukungnya”, ungkap Bupati Khenoki.

Lebih lanjut dijelaskannya, hal apa keluhan yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat, baik bapak ama Fike Marunduri ataupun bapak ama Kharis Maruao, tentunya kita tampung semuanya untuk kita anggarkan pada tahun yang akan datang, saya tidak berjanji manis, tetapi tindakan yang saya kedepankan.

BACA JUGA :   Pimpinan Daerah Tangsel Melayat Ke Rumah Duka Kabid Smart City

“Hal keluhan pengadaan Sumur Bor berhubung anggarannya tidak terlalu besar, maka dipastikan secepatnya diakomodir melalui Dinkes”, jelas Bupati Khenoki.

“Demikian keluhan penempatan dokter umumnya, oleh keterbatasan tenaga dokter selama ini di Nias Barat, hal tersebut agak tersendat menjawabnya, namun demikian kita berusaha menempatkan dokter umum PTT setidaknya di tahun 2023 mendatang”, ucap Bupati Khenoki.

Hal lain Kadiskes Nias Barat, Sabahati Gulo, S.Sos., M.M menjelaskan bahwa, Puskesmas Rawat Jalan Pulau Hinako selama ini belum mendapatkan biaya operasional secara mandiri, dimana bergantung di UPTD Puskesmas Sirombu, dan pada tahun 2022 ini telah terealisasi walaupun sangat terbatas anggarannya.

“Dijelaskan bahwa, keberadaan Puskesmas Rawat Jalan Pulau Hinako, mencakup 12 Desa seKepulauan Hinako, yang tentunya sebagian besar melayani di wilayah Dusun II yang berdomisili di wilayah daratan Sirombu. Berkenan dengan itu, harap dimaklumi oleh petugas medis atas keterbatasan anggarannya, dan berharap kepada masyarakatnya jika petugas medis tidak berada di Puskesmas bukan berarti tidak aktif tetapi melayani warganya yang berdomisili di wilayah Sirombu”,ucapnya.

Setelah usai dialog interaktif tersebut, Bupati Khenoki Waruwu bersama rombongan melanjutkan melihat langsung kondisi dua Sekolah Dasar dan satu Sekolah Menengah Pertama Negeri.

BACA JUGA :   HUT KE-4 FORUM SENI BUDAYA SUNDA(FSBS) BERJALAN DENGAN SUKSES

Kunjungan Bupati bersama Kepala Dinas Pendidikan Hadrianus Hia, S.Pd., M.M bersama rombongannya untuk memberikan semangat baru kepada Guru agar tetap gigih mengajar, meski masih ada ditemukan keterbatasan.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Bupati didampingi oleh Kadispend Hadrianus Hia sempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan sejumlah Guru maupun siswa dan membuka ruang kepada para Kepala Sekolah dan Guru untuk menyampaikan keluhan dan masukan demi meningkatkan mutu kualitas Sekolah.

Beberapa Kepala Sekolah SD, maupun SMP menyampaikan keluhan dan kebutuhan Sekolah yang harus perlu dibenahi antara lain tambahan gedung Sekolah, (Rehapan) Sumber air, gedung Laboratorium, WC sekolah dan beberapa jenis kebutuhan lainya.

Saat itu juga Bupati dan Kadispend langsung merespon beberapa keluhan tersebut bahwa, pada tahun 2023 kita upayakan melakukan perbaikan sekolah baik SMP maupun SD,

Semangatlah buat kalian, berilah yang terbaik, agar kedatangan kami disini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kepulauan.

“Lanjutnya tetap gigih mengajar, terus bangkitkan potensi yang ada dalam mendidik siswa-siswi” harap Bupati Khenoki.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu bersama Camat Sirombu, Kapolsek Sirombu, dan Anggota Koramil 09/Sirombu, serta rombongan menyempatkan diri untuk melihat secara langsung lokasi pertapakan Kantor Camat Kepulauan Hinako yang telah dihibahkan oleh saudara Ridho Uglisa Maruhawa, S.KM diwilayah Desa Hanöfa.

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH