8 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si Kunjungi SMP Negeri 3 Mandrehe.

2 min read

NIAS BARAT | Citranewsindonesia.com – Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si kunjungi SMP Negeri 3 Mandrehe di Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat didampingi Staf Ahli Drs. Turuna Gulo, MM – Kamis, 21/07/2022.

Dalam kegiatan kunjungan kali ini, Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si, mengunjungi seluruh kelas dan berkesempatan menyampaikan motivasi belajar kepada para siswa.

“Kesuksesan berawal dari cara belajar yang baik. Dan, untuk bisa melaksankan semua itu, kita harus memiliki komitmen untuk mau belajar. Anak-anak kami harus memiliki motivasi belajar yang berasal dari dorongan diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang kita kehendaki. Motivasi belajar artinya dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau pengembangan belajar”, tutur Lulusan Doktor S-3 UNJ itu.

BACA JUGA :   Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Inovasi Itu Sebagai Hal Yang Menjadi Solusi Atas Suatu Keadaan

Usai mengunjungi kelas dan berdialog dengan para siswa, Wakil Bupati Nias Barat selanjutnya berdiskusi dengan Bapak & Ibu Guru, sembari memberikan pengarahan kepada para guru. “Dengan adanya motivasi belajar bagi siswa, maka akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Cara menumbuhkannya tentu bukan perkara mudah, karena setiap siswa memiliki karakter dan keinginan berbeda-beda. Hal ini, tentu tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru, namun Bapak/Ibu tetap memegang peranan penting di dalamnya, pungkas Wakil Bupati.

Ditambahkan Wakil Bupati “Pembelajaran dengan memberikan motivasi dalam proses belajar bagi siswa merupakan hal yang dapat membuat siswa aktif dan dapat terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, pembelajaran yang baik juga harus mampu memberikan stimulus yang tepat guna membuat siswa benar-benar ingin melibatkan diri dalam pembelajaran dengan pelajaran.

BACA JUGA :   SMSI Dan LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Dengan metode tersebut, potensi mencapai indikator-indikator yang direncanakan dalam setiap proses pembelajaran akan dapat tercapai”, tutur Kandidat Doktor IPDN itu.

Diakhir diskusi, Wakil Bupati mendengarkan tanggapan dari Bapak/Ibu Guru sembari beliau mencatat semua hal yang disampaikan dan menjadi bahan dan penekanan beliau kepada Kepala Dinas Pendidikan nanti agar menjadi perhatian selanjutnya.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification