9 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Johan Sarijo Pengembang PT. Tata Daerah Mandiri Dalam Waktu Dekat Akan Bermusyawarah Dengan Pemerintah Cilacap

3 min read

Kab. Cilacap | CitraNewsIndonesia.com – Tak lama lagi Pasar Induk Kroya pasca kebakaran akan segera dibangun, hal ini terlihat dari pertemuan Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Johan Sarijo selaku pengembang dari PT. Tata Daerah Mandiri (TDM) telah sepakat dalam bulan ini akan bermusyawarah dalam kecepatan pembangunan Pasar Induk Kroya pasca kebakaran.

Musyawarah yang dilakukan oleh kedua belah pihak tentang pembangunan pasar sesuai surat MoU pemerintah dengan PT. TDM, hal ini di sampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Umar Said didampingi Sekdin DPKUKM Agus Firmanudin. Senin, (11/07/2022).

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Umar Said didampingi Sekdin DPKUKM Agus Firmanudin mengatakan, pasca kebakaran Pemerintah Cilacap terus berupaya agar Pasar Induk Kroya secepat mungkin diperbaiki atau dibangun agar para pedagang bisa berjualan seperti semula.

“Upaya itu sudah dilakukan sekitar bulan Februari 2022, pemerintah dan pihak PT. TDM rapat di kantor DPKUKM membahas pembangunan Pasar Induk Kroya pasca kebakaran” kata Umar.

“Saat itu dalam rapat PT. TDM mengatakan pemerintah yang membangun Pasar Induk Kroya, sedangkan dalam surat MoU sangat jelas yang bertanggung jawab membangun kembali pasar pasca kebakaran adalah PT. TDM. Setelah beberapa bulan kemudian pemerintah Cilacap kembali melayangkan surat namun belum ditanggapi oleh PT. TDM”, kata Umar kepada media di ruang kerjanya.

“Dalam audiensi pemerintah dengan para perwakilan pedagang didampingi oleh LSM GMBI, Pemda jelas mengatakan melalui Kabaghum secara rinci, dari bab ke bab surat perjanjian pemerintah dengan PT. TDM disitu sangat jelas yang membangun Pasar Induk Kroya pasca kebakaran adalah pihak PT. TDM”, tambahnya

BACA JUGA :   API Jateng : Masyarakat Gunung Slamet Terancam Kekeringan

Lebih lanjut Umar mengatakan, dalam kecepatan pembangun Pasar Induk Kroya pemerintah tidak diam begitu saja tapi pemerintah terus berupaya agar pembangunan Pasar Induk Kroya secepat mungkin dibangun sesuai harapan para pedagang pada saat audiensi dengan pemerintah, upaya itu satu minggu yang lalu pemerintah melalui kepala DPKUKM Cilacap sudah bertemu dengan Johan Sarijo dan langsung melihat semua pasar yang kebakaran sambil berbincang-bincang, dan Johan Sarijo bertanya seperti apa kedepan pembangunan Pasar Induk Kroya apa diperbaiki aja apa gimana?.

Sebenarnya Johan Sarijo sangat tahu permasalahan pasar dan berkeinginan agar pasar secepatnya dibangun, dirinya siap bermusyawarah dengan pemerintah, hanya saja waktunya yang belum tepat di tambah tanggal 19 Juli ini dia ada acara hajatan, jadi Sarijo berjanji seusai tanggal 19 akan menemui pemerintah demi kecepatan pembangunan Pasar Induk Kroya, jadi sangat kurang pas kalau Rono mengatakan pemerintah dan PT. TDM belum ada pertemuan.

Lanjut Umar memaparkan, terkait kecepatan pembangunan Pasar Induk Kroya pasca kebakaran PT. TDM tidak harus diseret ke jalur hukum selagi itu masih bisa diselesaikan dengan musyawarah. Dalam MoU juga seharusnya demikan makanya pemerintah memberi waktu sekali lagi ke PT. TDM, kita tunggu setelah tanggal 19 akan ada hasil seperti apa nantinya itu menjadi pedoman untuk melangkah lebih jauh.

“Tujuan pemerintah (Sekda) mengatakan akan membawa PT. TDM ke pengadilan saat audiensi dan saat menghadiri peresmian RS Priscilla Medical Center beberapa minggu yang lalu itu adalah langkah paling terakhir pemerintah bila PT. TDM tidak proaktif dan tidak memenuhi tanggung jawabnya. Dengan bermusyawarah kita harapkan kecepatan pembangunan bisa dilakukan, harapan pemerintah kepada PT. TDM agar pembangunan pasar dihibahkan kepada pemerintah”, kata Umar.

BACA JUGA :   KEPALA DESA PESANGGRAHAN MENYAMBUT POSITIF KUNJUNGAN KOMISI A DPRD

“Dan yang perlu kita ketahui bersama pertemuan kepala DPKUKM dengan Johan Sarijo diketahui oleh atasan saya yaitu Pak Sekda, dan Sekda mengapresiasi langkah Sarijo sebagai Pengembang setelah tanggal 19 akan menemui pemerintah Cilacap, janji itu akan ditunggu”, Tambahnya.

Umar mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman pedagang yang menuntut agar Pasar Induk Kroya segera dibangun, ini tentunya membuat pemerintah bangga karena hal itu mendorong agar pihak PT. TDM segera membangun kembali Pasar Induk Kroya paska kebakaran, dan berterima kasih kepada para pedagang yang telah berpartisipasi menggugah hati PT. TDM untuk memenuhi janjinya.

Ditempat yang sama Sekdin DPKUKM Agus Firmanudin menambahkan apa yang disampaikan kepala Dinas DPKUKM, mengucapkan terima kasih kepada pedagang yang sudah menempati dan memanfaatkan pasar darurat yang disediakan oleh pemerintah.

“Kita akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat pembangunan kembali atau perbaikan Pasar Induk Kroya paska kebakaran sehingga nanti pedagang bisa berjualan seperti sedia kala sebelum terjadi kebakaran”, tambah Agus.

Jos

Facebook Comments
Subscribe for notification