2 Juli 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si ; Kunjungi Stand Pameran Pasca Event Open Festival Pesona Aekhula

3 min read

NIAS BARAT – Citranewsindonesia.com — Pelaksanaan Event Festival Pesona Aekhula Kabupaten Nias Barat Sabtu, 18/06/2022 , berlangsung dilapangan Bola Kaki Tetesua, Kecamatan Sirombu, turut dihadiri Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si bersama Ny. Yuliria Era Era Hia selaku Ketua Bidang 1 TP. PKK Kabupaten Nias Barat.

Acara berlangsung dengan penuh hikmat yang diawali dengan Lantunan Lagu “HETANÖ NIHA TANÖ BA GAEKHULA” yang dipersembahkan oleh Artis Pulau Nias Monalisa Zalukhu, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indônèsia Raya dirangkai dengan Mars Nias Barat. Kemudian, Doa yang dipandu Ephorus Gereja ONKP Pdt. Matias Daeli, S.Th fiteruslan dengan laporan Panitia disampaikan Plt. Kadis Pariwisata, Pemuda & Olahraga Kabupaten Nias Barat Imelda April Hia, M.Si serta sambutan dari sejumlah sejumlah Tokoh antara lain mewakili Tokoh Pemuda Yamotuho Gulö, SE.,mewakili Tokoh Masyarakat Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd.,MA.,MM.,mewakili Tokoh Nias Barat domisili luar Nias Barat Faahakhododo Maruhawa, SE.,MM.,mewakili DPRD Drs. Evolut Zebua dan sambutan pengarahan dari Bupati Nias Barat sekaligus membuka secara resmi Festival Pesona Aekhula (FPA).

Acara di isi dengan berbagai pertunjukkan atraksi, seperti budaya Silat dari Desa Sisarahili I Kecamatan Mandrehe, sekapur sirih dari sangat budaya Aekhula, lagu khas pilihan yang dipersembahkan oleh S’nada Trio dan Bung Fatos Waruwu.

BACA JUGA :   Rapat Evaluasi akhir Persiapan Pelaksanaan Sidang Sinode ke-XIV dan HUT-70 Gereja Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP) Tahun 2022

Pada arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat beliau sampaikan bahwa, jika pada hari ini kita bisa berbahagia pada pembukaan acara event Festival Pesona Aekhula 2022 sebagai rangkaian kharisma Event Nusantara Tahun 2022.

“Event Festival Pesona Aekhula mengusung tema “The Spirit of Aekhula” yang merupakan representasi semangat dan harapan baru Pemerintah dan seluruh Masyarakat Nias Barat, untuk bangkit bersama dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Nias Barat, dimana kegiatan ini dinyatakan lolos kurasi 110 dari 319 kegiatan daerah pada Kharisma Nusantara Tahun 2022″.

“Bupati Khenoki menjelaskan, kegiatan ini menjadi strategis dan kolaborasi Kemenparekraf RI dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat, yang memegang peranan penting dalam kemajuan suatu Bangsa dan Negara ditengah-tengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun Bangsa dalam keragaman budaya daerah menjadi kekayaan modal dan identitas dalam memajukan kebudayaan Nasional”, jelasnya.

Lanjutnya Bupati, bahwa Kabupaten Nias Barat sebagai salah satu daerah berbudaya dan kaya akan adat istiadat yang memiliki potensi daerah yang menjadi ciri khas dan keunikan daerah sesuai dengan kharakter lokal masyarakat Nias Barat yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia”.
“Pada kesempatan ini, kita hadirkan kekayaan kebudayaan Nias Barat yang telah dikemas sedemikian rupa dengan kreativitas dan atraksi dalam acara Festival Pesona Aekhula Nias Barat. Seiring dengan itu, kegiatan ini juga menjadi upaya promosi Kabupaten Nias Barat sebagai Destinasi Wisata yang berdaya tarik kepada dunia luar, agar mampu mensejajarkan dirinya dengan daerah lain di tingkat Provinsi Sumatera Utara ataupun di tingkat Nasional” harap Bupati Khenoki.

BACA JUGA :   Bupati Nias Barat Bersama Wabup, Hadiri Dan Buka Secara Resmi Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa TA 2021

Usai acara Pembukaan, Bupati, Wakil Bupati bersama para tokoh lainnya, ikut serta dalam kegiatan Maena bersama, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi setiap stand yang telah diisi berbagai menu dan jenis kerajinan tangan masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

(Alexander Zai).

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH