29 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Hendry CH Bangun : PPWI Bukan Organisasi Wartawan, Bisa Rusak Nama Baik Pers Nasional

1 min read

Bandar Lampung | Citranewsindonesia.com – Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun mengatakan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) bukan organisasi wartawan, dapat merusak nama baik pers nasional.

“Wadah tersebut bukan organisasi wartawan, tapi penulis warga atau citizen journalist. Jadi mereka bukan wartawan,” ujarnya Senin malam (14/3/2022).

Menurutnya, polisi sudah bertindak benar. Apa yang dilakukan Wilson Lalengke, Muhamad Indra, dan Sunarso tidak terkait kegiatan jurnalistik, tapi perusakan. “Kasusnya tidak terkait UU Pers,” katanya

Hendry CH Bangun menegaskan Dewan Pers tidak ada kaitan dengan Wilson Lalengke. “Mereka ini bikin Dewan Pers sendiri yang proses pendirian mereka lakukan sendiri. Padahal mereka bukan wartawan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum Lembaga Transformasi Hukum Indonesia Wiliyus Prayietno, Wilson Lalengke dan dua rekannya, mereka terserimpet Pasal 460 KUHP Jo 170 KUHP yang merupakan delik biasa.

BACA JUGA :   Menpan RB Tjahyo Kumolo Resmi Buka Expo HUT APEKSI Ke-22 Tahun

Namun, pasal ini, perdamaian bukan menjadi alasan hukum untuk menghentikan proses pemeriksaan perkara. Kepolisian bisa menyerahkan perkaranya ke kejaksaan agar dilimpahkan ke pengadilan.

Alternatif penyelesaian perkara lainnya dengan restoratif justice, namun terkendala pasal yang menjerat adalah 170 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun, kata Wiliyus kepada sejumlah redaksi media

Wilson Lalengke telah meminta maaf kepada Polri dam tokoh adat Buway Beliyuk, Kabupaten Lampung Timur di Polres Lampung Timur, Senin (14/3/2022).

Sebelumnya, video ketum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) viral saat “ngamuk” di Polres Lampung Timur. Dengan nada tinggi, dia mencari Kapolres hingga merobohkan papan bunga di depan Mapolres setempat.

(Red)

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH