2 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Kadinkop UKM Tangsel : Sepeda Elektrik menjadi Solusi Transportasi Ramah Lingkungan

2 min read

TANGSEL | Citranewsindonesia.com – Sarana transportasi ramah lingkungan di kota-kota besar dan sedang yang padat penduduk dan arus lalu lintasnya menjadi kebutuhan cukup mendasar. Selain mengurangi polusi udara dari gas buang dari kendaraan bermotor, juga menciptakan kawasan perkotaan yang dapat menciptakan suasana nyaman dari kebisingan kehidupan perkotaan.

Adalah alumni Fakultas Elektro Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten yang menginisiasi rancang bangun sepeda jenis BMX menjadi sepeda elektrik dengan beberapa perubahan (penambahan) konstruksi dan perlengkapan yang diperlukan, tanpa merubah struktur dasar sepeda gowes biasa asal pabrikan.

Beberapa waktu lalu, Ikatan Alumni Elektronik (IAE) dan Himpunan Mahasiswa Elektronik (HME) ITI Serpong merilis kendaraan bertenaga listrik dan hybrid yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional di Gedung Manajemen ORPPT-BRIN, kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Kota Tangsel.

BACA JUGA :   Dinkop Dan UKM Tangsel Sosialisasi Meningkatkan Ekonomi Di Masa Pandemi

Peluncuran prototipe sepeda elektrik karya Mahasiswa Teknik Elektro ITI tersebut dihadiri Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang juga menjabat Rektor ITI Serpong, Kota Tangsel, DR. Ir. Marzan Azis Iskandar, IPU bersama peneliti dari BRIN Ir. Suhandjojo, M.Si, Direktur Utama Gerbang Multindo Nusantara (GMN) Chayun Budiono, dan youtubers otomotif Fitra Eri yang menjadi narasumber dalam talkshow kegiatan IEMS 2021.

Sementara itu, dalam kesempatan kunjungan ke workshop sepeda elektrik karya mahasiswa Teknik Elektro ITI bersama alumni Fakultas Elektro ITI Serpong di Ruko Golden Road Blok C.30/12.A Serpong BSD, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Deden Deni mengungkapkan, dengan jumlah ribuan alumni ITI Serpong selain menjadi potensi komunitas profesi juga menjadi motor penggerak bagi mahasiswa Teknik Elektro ITI Serpong untuk melakukan upaya inovasi teknologi terapan, khususnya pada bidang transportasi ramah lingkungan dalam bentuk sepeda elektrik yang mampu bersaing mutu dalam pasar global.

BACA JUGA :   Rapat Anggota Tahunan (RAT) V Tahun Buku 2018

“Selain itu, inovasi teknologi ini berguna untuk mengembangkan kreativitas anak muda guna menciptakan sarana transportasi ramah lingkungan dan mampu menciptakan lapangan kerja, sekaligus terbentuknya koperasi sebagai wadahnya,” terang Kadinkop dan UKM Tangsel.

Inovasi ini, lanjut Deden Deni, merupakan langkah awal sebuah produk dari mahasiswa dan alumni ITI Serpong.
“Dari sisi pemerintah, Dinas Koperasi dan UKM siap memberikan pendampingan dan fasilitasi kepada alumni ITI Serpong dalam aktivitasnya membuat sepeda elektrik dalam wadah koperasi,” imbuhnya.

Facebook Comments
Subscribe for notification