26 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Camat Basuki Priyo Nugroho Apresiasi Kepada Seniman Dalang Ki Mongko Daryono

3 min read

Kab. Cilacap | CitraNewsIndonesia.com – Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan oleh dalang Ki mongko Daryono, Guntur dan Miskun di balai Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan.

Camat Basuki Priyo Nugroho mengungkapkan kepada media kalau dirinya menyambut baik dan senang dengan apa yang dilakukan oleh seniman dalang Ki Mongko Daryono bersama teman-temannya yang mengusulkan vaksin kepada pemerintah untuk keluarga para dalang dan pekerja seni.

“Saya menyambut baik karena program ini senerji dengan pemerintah, memang sekarang sedang mencari kira-kira dari titik-titik mana yang masih memerlukan vaksin termasuk di desa, kelompok-kelompok masyarakat seKecamatan Kesugihan. Kebetulan ada kelompok masyarakat Ki Mongko Daryono yang kemarin menyampaikan kepada pemerintah Kabupaten Cilacap untuk melaksanakan vaksin, kita sambut dan memberikan respon.

“Dalam hal sesuai instruksi Sekda kita selaku Satgas memfasilitasi temen-temen yang mengajukan permohonan vaksin dengan menghadirkan tim dari Puskesmas sebagai tenaga medis kesehatan”, ungkapnya di balai Desa Pesanggrahan.

Lanjutnya, program yang sangat sinergis ini kita harapkan adanya semacam kesadaran gerak vaksinasi karena tidak mungkin kita mencapai suatu presentase tingkat tinggi tanpa dukungan dari seluruh komponen yang ada.

Saat ditanya oleh media gimana perasaannya para dalang membagikan sembako berupa beras kepada peserta vaksin dari hasil ngamen secara live streaming, Basuki memberikan apresiasi dan Alhamdulillah beberapa kegiatan seperti ini masyarakat Kesugihan sudah dirintis sebelum-sebelumnya.
Ini menjadi bagian yang luar biasa di tengah seniman yang mungkin angka mampunya tidak ada tapi mereka masih menyisihkan bagaimana caranya untuk berbagi ke saudara-saudara kita.

Untuk beberapa kegiatan vaksin di Kesugihan pun kemarin kita sudah melakukan di beberapa tempat dipelopori Bumdes, dan ada yang dipelopori oleh kelompok masyarakat yang melakukan pembagian-pembagian sembako seperti ini, kalau PLTU ya jangan ditanya itu memang selalu memberikan. Kitapun di dalam forum-forum vaksin ataupun dalam kegiatan penegakan PPKM khususnya para pedagang yang kena imbas kita melakukan edukasi protokol kesehatan.

“Apa yang dilakukan dalang Ki Mongko Daryono serta teman-temannya bagian kegiatan yang luar biasa saya ucapkan terima kasih, semangat terus mudah-mudahan dengan vaksin ini kita bisa tercapai heart imunity sehingga kehidupan akan kembali normal dan panjenengan semua akan berhasil menjadi seniman seniman yang nantinya akan bisa tampil kembali.” tambahnya

Buat para dalang untuk bersabar kuatkan hati yang bisa dilakukan saat ini, kami memberikan suatu kelonggaran untuk melaksanakan secara virtual, Insya Allah temen-temen yang pecinta seni ini akan memberikan suatu respon terhadap hal itu.

“Di dalam momen-momen yang saat ini mungkin masih virtual ini kita selipkan tentang edukasi masalah covid, protokol kesehatan dan sebagainya. Nanti lambat laun kalau memang sudah memungkinkan kayak sekarang kan sudah ada upaya mengarah misalkan sepakbola sudah mulai tapi belum ada penonton nanti Insya Allah bisa dilakukan secara bertahap sesuai kondisi yg ada”, tegasnya.

Ditempat berbeda kepala Desa Pesanggrahan H. Tugiman mengungkapkan rasa terima kasih dan bangga kepada seniman wayang kulit Daryono dan teman-temanya. “Saya sangat antusias kepada para seniman- seniman yang peduli sekali kepada warga yang di vaksin, sekarang memang warga dapat bantuan dari Dana Desa yaitu BLT dan lain-lain.

Sekarang ada yang peduli lagi dari grup seniman entah itu dengan caranya ngamen atau apa bisa mendapatkan beras banyak dan bisa dibagi rata kepada warga yang ikut vaksin hari ini, itu perbuatan baik dan sangat bermanfaat sekali bagi warga ditengah situasi seperti ini”, ungkapnya.

Tugiman berpesan dan sangat mengapresiasi semua dalang. “Saya sangat antusias dan setuju kepeduliannya kepada masyarakat kok bisa punya pikiran ngamen dan lain-lain buat keluarga, itu suatu pemikiran yang amat sangat baik. Soalnya para dalang-dalang itu juga karena covid istilahnya mencari penghasilan susah. Saya kepengennya dalang laris tapi karena masih pandemi kita tidak bisa berbuat banyak. Insya Allah setelah pandemi ini semua dalang-dalang bisa kembali berkarya seperti semula”, tegasnya.

#Jos

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH