Anggota DPRD Kab Cilacap Anggit Adi Juwita , Dari Fraksi PDI P Bagikan Sembako Untuk Para Dalang

Kab.Cilacap, Citranewsindonesia.com – Anggota DPRD Kabupaten  Cilacap dari Fraksi PDI Perjuangan, Anggit Adi Juwita membagikan sembako untuk para dalang. Penyerahan bingkisan berupa sembako secara simbolis diterima oleh Dalang Ki Mongko Daryono di acara pagelaran “Dari Budaya untuk Budaya” wayang Banyumas 3 jaman dengan tema BANOWATI ULANG TAHUN.

Anggota DPRD Kab. Cilacap dari Fraksi PDI P Anggit Adi Juwita dalam penyambutannya menyampaikan setelah dengar kabar bahwa dalang kondang yang ada di sekitarnya sampai mengamen untuk meraih sesuap nasi merasa prihatin, teman-teman dalang mengamen karena selama dua tahun ini tidak ada kegiatan manggung diakibatkan aturan Prokes Covid -19. Jum’at, (01/10/2021).

Anggit mengatakan, aturan itu membuat pendapatan menurun bahkan tidak ada sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup, hal ini membuat saya prihatin dan terus kepikiran bagaimana cara saya untuk membantu. Ini kesulitan sangat luar biasa kalau dalangnya saja sampai ngamen apa lagi kru-kru dan para sinden lainnya tentu lebih memprihatinkan.

Maka malam ini digelar kegiatan pagelaran wayang kulit dengan tema Banowati Ulang Tahun yang dilakukan secara virtual di Omah Marhen Desa Kesugihan selama tiga jam, selain untuk ketemu dengan konstituen juga mencoba untuk memulai gimana cara agar para seniman tradisional seperti wayang kulit khususnya yang di Dapil VI bisa kembali pada jati diri mereka sebagai tokoh dalang yang dikenal selama ini.

BACA JUGA :   Ancaman Sudah Di Depan Mata Masyarakat Winong Tidak Berdaya

Lanjut Anggit, memang malam ini tidak sepenuhnya ketemu dengan konstituen dikarenakan aturan Prokes Covid 19 yang masih berjalan sampai saat ini, namun dengan adanya pagelaran wayang kulit malam ini yang hadir di Omah Marhen bisa mewakili konstituen lainnya.

Program pagelaran wayang kulit yang dilakukan secara virtual semacam ini kita harapkan terus bisa dilakukan, apalagi barusan dapat dukungan dari ketua DPRD Cilacap dalam waktu dekat ini akan diadakan pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Guntur Riyanto. Syukur-syukur pemerintah mensupport kegiatan ini atau teman-teman yang lain bisa mencontohkan pagelaran secara virtual untuk menghidupkan para seniman wayang kulit yang ada di Cilacap.

Ditempat berbeda Anggit Adi Juwita mengungkapkan kepada media kalau pagelaran yang dilakukan secara virtual sangat membantu teman-teman para dalang, kita menyaksikan bersama seketika ada yang memberi donasi secara langsung seperti Kepala Desa Keleng dan tidak kalah pentingnya Ketua DPRD Kebupaten Cilacap dari Fraksi PDI P, Taufik Nurhidayat memberi donasi dan masih banyak yang lain.

BACA JUGA :   Wakil Ketua DPRD Mengapresiasi Kegiatan Anggota Komisi V DPR RI

“Berapapun donasi yang terkumpul semuanya diserahkan kepada para dalang dan saya secara pribadi menyerahkan secara simbolis bingkisan berupa sembako kepada para dalang yang ada di Dapil saya” tegasnya.

Dalang Ki Mongko Daryono dari Desa Dondong, Kecamatan Kesugihan merasa terharu dengan adanya pagelaran wayang kulit yang dilakukan secara live virtual.

“Saya terharu dengan apa yang telah diprogramkan oleh Anggit anggota DPRD Kab. Cilacap dari Fraksi PDI P Dapil VI, gimana saya tidak terharu sekali sudah dua tahun lamanya tidak pernah dandan dan tampil seperti ini secara live. Dengan adanya kegiatan ini kesedihan dalam diri saya karena kesulitan ekonomi yang disebabkan covid -19 terobati”, ungkapnya.

Ditengah kegembiraan Ki Mongko Daryano tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Anggit dan ketua DPRD Kab. Cilacap Taufik Nurhidayat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Anggit dan Bapak Taufik Nurhidayat yang telah mensupport kegiatan ini. Seandainya saya boleh berharap acara semacan ini terus dilakukan apalagi kalau Ketua DPRD mengundang saya untuk pagelaran secara Virtual”, tegasnya.

#Jos

Facebook Comments

Yosua

Kepala Biro

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH