LPTQ Tangsel Adakan Orientasi Dewan Hakim MTQ XII, Tingkat Kota Tangsel 2021

TANGSEL | Citranewsindonesia.comĀ  – Jelang pagelaran MTQ XII 2021 Tingkat Kota Tangsel pada tanggal 2-5 Juli 2021, LPTQ Tangsel mengadakan acara Orientasi Dewan Hakim secara virtual, Kamis (01/07/2021).

Acara Orientasi Dewan Hakim ini diikuti oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel, H.Abdul Rojak, Ketua harian LPTQ Tangsel, M. Sobron Zayyan, Ketua Harian LPTQ Banten selaku Pengawas Dewan Hakim, Ahmad Tholabi Kharlie, dan seluruh dewan hakim.

Kepala Kantor dalam sambutannya menegaskan bahwa dewan hakim pada pagelaran MTQ memiliki peran yang sangat strategis karena menentukan para juara MTQ. Oleh karena itu harus memiliki keteguhan moral, kesehatan fisik, kecermatan dalam menilai, dan memiliki kedalaman ilmu di bidangnya.

BACA JUGA :   Buka MTQ Tingkat Kecamatan Setu, Benyamin : Ciptakan Generasi Qur'ani

ā€œDewan hakim MTQ juga harus mematuhi norma dewan hakim, di antaranya hakim selalu berkelakuan baik/berakhlakul karimah, menguasai ilmu pada bidang yang dinilai, dan yang tidak kalah penting adalah harus jujur, adil, teliti, dan bertanggungjawab,ā€ tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Harian LPTQ Tangsel, M. Sobron Zayyan, yang mengingatkan tentang posisi vital dewan hakim dalam MTQ.

ā€œDewan hakim adalah ā€˜min arkaanil musaabaqahā€™ atau salah satu dari rukun MTQ. Sesuai dengan sifat rukun, maka MTQ akan rusak jika salah satu rukunnya rusak, bahkan bisa kehilangan legitimasi,ā€ tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, dijelaskan rambu-rambu dalam perhakiman dan aturan tentang MTQ sesuai dengan pedoman perhakiman.

BACA JUGA :   MTQ Ke - 15 Resmi Selesai Di Tutup Walikota Tangsel ,Kecamatan Pamulang Raih Juara Umum

Para Dewan Hakim diberi pembekalan sesuai bidangnya masing-masing, yang dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain Bidang Tilawah dan Syarhil Qurā€™an, Bidang Tahfizh dan Qiraat Sabā€™ah, Bidang Tafsir Bahasa Arab, Bidang Tafsir Bahasa Inggris, Bidang MKQ (Kaligrafi), Bidang MQK (Qiroatul Kutub), dan Bidang Hadits.

Orientasi Dewan Hakim ini diadakan untuk menyatukan persepsi pada proses penilaian dan menciptakan dewan hakim yang kredibel, berkualitas, profesional, dengan tetap menjaga netralitas, sehingga mampu memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas para peserta MTQ.

(Rls /Seusy )

Facebook Comments

Seusy Adella

Wartawan

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH