PKM Mahasiswa Akuntansi Unpam “Sosialisasi Teknis Pembukuan Sederhana “

TANGSEL | Citranewsindonesia.com — Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah suatu pelaksanaan kegiatan sebagai pengamalan atau pemberian ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan oleh mahasiswa semasa kuliah berlangsung kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, terlebih juga berguna untuk mengembangkan kemampuan masyarakat.

Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung melalui pelatihan kepada masyarakat berupa ilmu yang dapat digunakan dan dipraktikan dalam kegiatan industri. Pengabdian masyarakat kali ini memiliki tujuan agar pedagang UMKM Tanjung Jaya Bakery memilki pengetahuan dasar dalam pembukuan sederhana dengan tema “Sosialisasi Teknis Pembukuan Sederhana Pada Pabrik Roti Tanjung Jaya Bakery Sesuai Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMM).”

Tanjung Jaya Bakery merupakan jenis usaha yang masuk dalam kategori Industry Kecil. Tanjung Jaya Bakery memproduksi roti dengan berbagai macam aneka rasa. Tanjung jaya bakery didirikan pada tahun 2011 yang dikelola oleh Bapak Anas. Tanjung jaya bakery beralamatkan di Jl. Parung Jaya No.2, RT.001/RW.002, Parung Jaya, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten 15159. Ada 15 pegawai yang bekerja di Tanjung Jaya Bakery, yang terdiri dari Koki, Mandor, Pembuat Roti, Packing,dan Finance. Dan ada puluhan penjual yang ikut bergabung dalam produksi ini.

BACA JUGA  APKLI Bersama Ribuan PKL Gelar Apel Daulat Ekonomi Rakyat

Pelaksanaan PKM ini dilakukan pada tanggal 02 April 2021 oleh mahasiswa Universitas Pamulang yang diketuai oleh Salma Faizah, dan beranggotakan Nurul Aisyah, Nur Hasanah, Rini Amelia, Anisya Dwi Pratiwi serta satu dosen pembimbing yaitu Rahma Wiyanti, S.E.,M.Si. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran mengenai laporan keuangan berdasarkan SAK EMM, bukan hanya dijelaskan saja di acara tersebut kita melakukan praktik untuk membuat laporan keuangan tersebut.

Dalam materi kami menjelaskan Laporan keuangan adalah alat untuk menganalisis kinerja keuangan lembaga yang dapat memberikan informasi tentang laporan posisi keuangan, kegiatan, dan arus kas, sehingga berfungsi untuk pengambilan keputusan oleh manajemen. Dimana penelitian ini sangat penting bagi pabrik roti Tanjung jaya Bakery dalam penyusunan laporan keuangan karena merupakan pedoman untuk penyusunan laporan keuangan yang benar dan sesuai dengan SAK EMM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Setelah mengetahui Sistem pencatatan yang dilakukan oleh Tanjung Jaya bakery yang sangat sederhana dan berbeda dengan Standar Akuntansi maka, Kelompok kami meminta izin untuk dapat memberikan contoh Pembukan secara Akuntansi tersebut dengan meminjam data keuangan selama bulan Maret 2021. Dengan Pencatatn Terhadap Jurnal- jurnal, Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas, Penjualan, Pembelian, Buku Pembantu Hutang dan Piutang, serta kelompok kami membuatkan daftar Harga Pokok Produksi bulan Maret 2021 dan Laporan Laba Rugi bulan Maret 2021, karena sistem pecatatan mereka langsung satu(1) tahun dan tidak diketahui secara pasti laba dalam perbulan, kami memberikan perhitungan Laba yang terjadi pada bulan maret ini.

BACA JUGA  Deklarasi 12 Parpol, Siap Memenangkan Dambaan Untuk Sergai

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu kegiatan industri Tanjung Jaya Bakery membuat pembukuan sesuai standar SAK EMM dan juga mengelola keuangan menjadi terperinci dan terorganisir dengan baik, menghindarkan dari kerugian.

Pada acara penutupan pada tanggal 24 April Kelompok kami memberikan laporan laba rugi dan kepada pihak Tanjung Jaya Bakery . Diharapkan dengan contoh laporan laba rugi tersebut, tanjung jaya bakery dapet merealisasikan nya di kegiatan usaha untuk laporan – laporan berikutnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu kegiatan industri Tanjung Jaya Bakery membuat pembukuan sesuai standar SAK EMM dan juga mengelola keuangan menjadi terperinci dan terorganisir dengan baik, menghindarkan dari kerugian. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara dan ditutup dengan penyerahan cinderamata.

Penulis : Salma Faizah
Universitas: Universitas Pamulang
Jurusan : Akuntansi
Semester : 6

Total View 61,667 

Facebook Comments

Redaksi

Citranews

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH