Wabup Sergai Irup Hari Amal Bakti Ke-75 Kemenag Tahun 2021

Wabup Sergai Irup Hari Amal Bakti Ke-75 Kemenag Tahun 2021

Serdang Bedagai |Citranewsindonesia–Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya, Selasa (5/1/2020) menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Tahun 2021 yang dipusatkan di halaman Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sergai di Sei Rampah. Bertindak sebagai Irup Wabup Sergai H. Darma Wijaya, Perwira Upacara H. Sarifuddin Daulay, serta Komandan Upacara Winardo.

Dalam sambutan Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Wabup Sergai H Darma Wijaya menyampaikan bahwa di usia 75 tahun Kemenag ini, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.

“ Kemenag memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kemenag,” kata H. Yaqut Cholil Qoumas.

BACA JUGA :   Plh. Bupati Sergai : Masyarakat Diimbau Patuhi Prokes, Rentang 11 Hari 33 Warga Positif , 2 Meninggal

Peringatan HAB ke-75 mengambil tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan program nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Sebab tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Dalam kesempatan ini juga, Kemenag RI ingin mengingatkan tentang semangat Kemenag yang baru mengelola Kemenag dalam bentuk manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Selanjutnya penguatan moderasi berahama dan persaudaraan umat beragama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.
“ Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa dan kemanusiaan ini segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah SWT. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Temu Ramah dengan Tokoh Moderasi Beragama di Kabupaten Sergai.

BACA JUGA :   Wabup Sergai Darma Wijaya Sidak Dinas Pendidikan

Usai melaksanakan upacara peringatan HAB, masih di tempat yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan Temu Ramah bersama Tokoh Masyarakat Moderasi Beragama di Kabupaten Sergai.
Plt. Kakan Kemenag Sergai H Zulkifli Sitorus MA yang hadir dalam acara, atas nama Kemenag Sergai mengucapkan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran seluruh undangan yang menjadi kehormatan bagi kami. Dalam peringatan HAB ke-75 ini penekanan ada pada Moderasi Antar Umat Beragama, sebab bagaimanapun kerukunan antar umat beragama sangat penting dalam menjaga persatuan, kesatuan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

“ Saya melihat terutama di Kecamatan-kecamatan telah banyak tumbuh bibit-bibit moderasi antar umat beragama. Seluruh umat beragama ikut serta memberikan andil dalam menjaga kondisi aman dan dinamis dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu kami mengundang Bapak /Ibu tokoh moderasi beragama yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sebagai bentuk penghargaan kepada Bapak/Ibu sekalian serta kami juga merencanakan akan membangun monumen moderasi beragama di Kabupaten Sergai. Oleh karenanya, dalam rangka mensyukuri HAB ke-75 ini dilakukan pemotongan nasi tumpeng agar menjadi keberkahan bagi kita semua,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Sergai H Darma Wijaya menyambut baik dan sangat mendukung apa yang disampaikan oleh Plt. Kakan Kemenag tentang moderasi umat beragama di Kabupaten Sergai. Dengan rencana pembangunan monumen moderasi umat beragama sejalan dengan rencana pembangunan Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya yang ingin membangun rumah ibadah seluruh umat beragama bersandingan di suatu komplek sebagai bentuk rukunnnya umat beragama di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini serta nantinya dapat menjadi tujuan wisata religi.

BACA JUGA :   MTQH ke-XVII Kabupaten Sergai Resmi Ditutup, Kecamatan Dolok Masihul Raih Juara Umum

“ Sekali lagi kami sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membangun moderasi beragama, jika kita saling bersatu, saling topang menopang, maka segala yang kita cita-citakan dapat segera tercapai,” ujar Wabup sembari menutup sambutannya.

Sedangkan Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE mengucapkan selamat Hari Amal Bakti Ke-75 Kemenag, kita berkumpul dan menjadi bentuk menjaga kerukunan umat beragama yang senantiasa terjalin dengan baik sampai kapanpun. “ Semoga kedepannya kita dapat semakin solid dan bersatu membangun Kabupaten Sergai yang memiliki program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” papar Ketua DPRD Sergai.

Kegiatan diisi dengan penyerahan santunan dan penghargaan kepada tokoh moderasi beragama, purna bakti, siswa/siswi madrasah berprestasi serta anak yatim/piatu.
Hadir juga dalam kegiatan. Forkopimda Plus, Kepala BPS Herman, SE, M.Si, Ketua MUI H. Hasful Huznain, Tokoh Agama, Guru, siswa/siswi madrasah, serta para undangan.

#( Aripin)

Facebook Comments
ADVERTORIAL KABUPATEN SERGAI NEWS SUMATERA