21 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

PENGURUS DPP PLPPBI KUNJUNGI  DPD KAB. BOGOR DIMASA KEPRIHATINAN COVID

2 min read

Kab.Bogor|Citranewsindonesia.com – Kunjungan kerja Pengurus DPP PLPPBI Jakarta ke wilayah Kab. Bogor di masa keprihatinan covid 19 didampingi Ketua Umum PLPPBI Ade Suhendra kemarin Sabtu 20/6/20. Beberapa tempat telah dikunjungi mulai dari kediaman Beni Mamat, Ketua DPD PLPPBI Kab. Bogor untuk makan siang bersama. Kemudian dilanjutkan perjalanan ke lokasi ekowisata air terjun “Curug Rahong” yang berada di Kecamatan Cigudeg, dimana menyimpan potensi wisata alam yang pontensial kedepannya.

Jelang sore kunjungan kerja di lanjut melihat Kantor DPD PLPPBI Kab. Bogor, di Jl. Cimahiwal RT. 04/RW. 02 Desa Cipinang Kec. Rumpin, yang sedang direnovasi. Terakhir Penggurus DPP PLPPBI bersama Ketum Hendra singgah di kediaman keluarga Leni Marlinah, Sekjen DPD PLPPBI Kab. Bogor Jawa Barat. Disini sambil ngopi bareng Penggurus DPP PLPPBI memberikan pembekalan dasar, berbagi ilmu dan pengalaman, bagaimana cara membudidayakan tanaman anggrek (orchidacea) jenis Douglas dan Denrobium.

Abd. Aziz , Ketua Bidang Pertanian DPP PLPPBI , memberikan pembekalan dasar tentang budidaya tanaman anggrek yang dibawa nya. “Untuk bertani anggrek Douglas (anggrek tanah/anggrek unggu) diperlukan lahan yang luas, hal ini dimaksud untuk memperoleh hasil melimpah, luas lahan minimal 5000 m2 atau lebih. Perawatan yang baik harus dilaksanakan . Selain itu tips berikut hendak nya menjadi perhatian seperti : faktor cuaca, lingkungan, air yang cukup, media tanam, hama tanaman dan kesuburan. “Pengurus DPP PLPPBI siap berbagi ilmu dan pengalaman di bidang pertanian maupun perdagangan, secara langsung dan tidak. Selain itu kami telah siapkan market untuk pemasaran hasil pertanian, tenaga ahli dan event . Kami saling bahu membahu baik antar pedagang/petani, antar DPD, bahkan berbeda profesi dan rejeki tetap bisa sharing dan kompak”, ungkap nya. Kemudian untuk anggrek DENROBIUN (anggrek pot, tanaman ruang/taman) tidak butuh lahan yang luas. Tips diatas masih berlaku agar hasil panen bagus nanti nya. Untuk saat ini DPP PLPPBI belum bisa memberikan bibit anggrek tersebut diatas”, demikian pungkas Aziz .

BACA JUGA :   Pres Gathering Pemkab Tangerang, Jalin Silahturahmi Dengan Media

Leni Marlinah biasa dipanggil Omel, Sekjen PLPPBI DPD Kab. Bogor mengatakan,” lahan besar untuk budi daya anggrek akan kami siapkan. Kami masih harus belajar soal pertanian, butuh bimbingan, persiapan sumber daya manusia dan mencari bibit”, beber nya. Masih dikatakan Leni Marlinah (Omel) saat ini budidaya anggrek menjadi pilihan dan tidak menutup kemungkinan pada komoditi pertanian lainnya, selain hobby bertani ia ingin ikut menjaga kelestarian flora dan peduli lingkungan. “Jika ada peluang bisnis segera kami tekuni, inti nya jika sesuai dengan visi misi PLPPBI akan kami lakoni”. Saat ini kami sedang mempersiapkan sarpras penunjang DPD seperti Pengadaan Ruang Kantor, Mebeler, ATK dan juga Legalitas. Semua nya dalam proses pengurusan semoga berjalan lancar dan sukses bersama kedepan nya”, demikian pungkas Omel.

(MERCY)

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH