Di Solo, Ribuan Masyarakat dan Mahasiswa Gelar Mimbar Bebas

Di Solo, Ribuan Masyarakat dan Mahasiswa Gelar Mimbar Bebas

SOLO,Citranewsindonesia – Ribuan masyarakat dan elemen Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Solo Raya, Jawa Tengah, menggelar aksi damai dan mimbar bebas di kawasan Patung Slamet Riyadi, Jl. Brigjend Slamet Riyadi, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. (Senin, 19 November 2018) Aksi damai tersebut dalam rangka Menyambut pesta demokrasi Pemilu Presiden 2019 Dan Pemilu Legislatif 2019 banyak sekali fenomena yang terjadi, munculnya banyak fitnah dan isu sara sangat meresahkan dan menimbulkan potensi perpecahan anak bangsa,

Dalam aksinya, Koordinator aksi Agus Yusuf, menjelaskan “Kami Menyerukan STOP FITNAH DAN ISU SARA pada Pemilu 2019, Pemilu 2019 ajang MEMILIH PEMIMPIN, Bukan Perang dan Adu Domba Rakyat, RAKYAT Harus CERDAS Memilih PEMIMPIN 2019″Jelas Agus.

Profokasi dan sikap yang berpotensi memecah belah bangsa indonesia harus bisa dicermati oleh Polri dan Kejaksaan karena berpotensi timbulkan perpecahan. Maka jaga ucapan dan sikap sebagai negarawan dalam kontestasi politik 2019, agar tidak ada gesekan dan perpecahan dalam masyarakat. Kita jaga bersama Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

“Kami berharap Polri dan Kejaksaan cermat dan Tegas menindak potensi yang Akan menimbulkan pecan belah, juga Komisi Pemilihan Umum Harus Transparan Dan Adil pada PEMILU 2019, Bawaslu Harus Tegas Dalam Menindak Setiap Pelanggaran Pemilu 2019” Tegas Agus.

Salah satu Orator; Sa’roni dalam orasinya menjelaskan, Sebagaimana yang diucapkan oleh Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto beberapa waktu yang lalu dalam pidato politiknya sangat tidak pantas, yakni pada poin Tampang Boyolali yang sangat tendensiun terhadap kelompok tertentu. Sebagai seorang tokoh bangsa, beliau tidak pantas mengucapkan kalimat yang melukai hati dan perasaan masyarakat. sangat tidak patut untuk dicontoh. Sekalipun Prabowo Subianto merupakan sosok tokoh nasional, tapi selera humor semacam itu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dikhawatirkan akan menjadi preseden buruk bagi bangsa ke depan. Penghinaan terhadap martabat bangsa Indonesia ini tidak boleh dibiarkan, maka CUKUP dan JANGAN ADU DOMBA RAKYAT INDONESIA dalam kontestasi politik 2019.

BACA JUGA :   Tata Tertib Persidangan Sinode Ke XIV, Akhirnya ditetapkan

“Kami tak ingin memiliki pemimpin yang suka menyinggung dan merendahkan harkat dan martabat masyarakat termasuk Boyolali. Kami sebagai sesama warga Jawa Tengah merasa gaya bercanda ‘tampang boyolali’ tidak pantas disampaikan, termasuk oleh Prabowo,” kata Orator aksi, Sa’roni di tengah-tengah orasinya, Senin (19/11/2018).

Seharusnya aparat penegak hukum melihat sisi krusial dari kasus asal ngomong tersebut, yakni potensi perpecahan, apalagi gaya bercanda ala Prabowo Subianto tersebut bukan sekali saja terjadi.

Meskipun Prabowo sudah menyampaikan permohonan maafnya, mereka tetap ingin agar Ketum Partai Gerindra tersebut menyampaikan permohonan maafny secara resmi dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi di kemudian hari.

“Kami minta Prabowo minta maaf secara remi dan terbuka kepada masyarakat Indonesia khususnya warga Boyolali, serta berjanji tidak akan mengulangi perbutannya lagi,” tegasnya.

Tambah lagi, sikap Sandiaga Salahuddin Uno baru-baru ini Cawapres Prabowo tersebut melangkahi makam sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri saat berziarah. Kita ingat Sandiaga Uno pernah dilabeli Santri oleh salah satu kelompok. Mana ada santri yang ziarah tapi melangkahi makan yang diziarahi, apalagi makam itu sesepuh Umat Islam, sesepuh warga Nahdliyyin, sesepuh NU, sikap Sandi sangat tidak bisa dibenarkan begitu saja. Bahkan ia menilai sikap tersebut adalah bentuk penghinaan terhadap marwah Ulama.

BACA JUGA :   18 Asosiasi Dukung Fauzi Siregar Jadi Ketua Kadin Tangsel

“Tanpa harus diminta keluarga Mbah Bisri (KH Bisri Syansuri -red), Anda seharusnya minta maaf. Itu perbuatan yang tidak menghargai marwah ulama” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Mahasiswa yang mengatasnamakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jawa Tengah. Mereka mengaku sepakat dengan apa yang disuarakan oleh Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Jawa Tengah tersebut atas keresahan yang mereka suarakan. Bahkan mereka sampai menyatakan tak ingin Negara dipimpin dengan cara otoriteristik dan militeristik.

“Kita sudah merasakan bagaimana orba memimpin negeri ini dengan penuh ketakutan dan batasan yang tidak wajar, suara Mahasiswa dibungkam dan sebagainya,” ujar Mahasiswa dari Universitas Surakarta (UNSA) Adwar dalam orasinya.

“Maka kami sampaikan, kami tidak akan memilih pemimpin yang berusaha mengembalikan kekuasaan ala orba,” tutupnya.

Aksi damai dan mimbar bebas itu terpantau berjalan dengan aman dan tertib. Bagkan dalam aksinya, masyarakat juga sempat melakukan treatrikal adat jawa sebagai bentuk simbolis pengusiran aura negatif, seperti rasa saling permusuhan dan sebar hoax hingga banyaknya fitnah antar sesama bangsa Indonesia.(***)

Facebook Comments
NASIONAL NEWS