Perayaan HUT Tangsel Ke-10 Festival Wayang Golek dan Kulit Digelar

TANGSEL,Citranewsindonesia – Dalam rangka meriahkan Hut Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke-10,Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Pariwisata Kota Tangsel menggelar festival budaya Tangsel, berupa festival wayang golek dan kulit bertempat di Bintaro Plaza, Sabtu (10/11).

Kepala Bidang Pengelolaan Destinasi dan Daya Tarik Wisata pada Dinas Pariwisata Kota Tangsel, menjelaskan, berbagai rangkaian budaya digelar dalam rangka HUT Kota Tangsel, salah satunya yakni Festival budaya wayang golek dan kulit.

“Festival wayang ini digelar sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian seni budaya tradisional, sehingga festival ini diselenggaran setiap tahunnya dalam rangka meriahkan HUT kota Tangsel,”ungkapnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk ikut mempromosikan kebudayaan lokal. Selain itu, dukungan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke daerah Banten khususnya Tangsel.

BACA JUGA :   Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si; "Di Sisa Masa Jabatan Mengabdi, Mumpung Ada Kesempatan"

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Judianto, festival budaya ini menampilkan budaya dari Pondok Betung, berupa wayang golek betawi, wayang kulit.”Festival ini dalam rangka memperingati HUT kota Tangsel ke-10.”ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kota menyelenggarakan sebanyak 32 event kegiatan, mulai dari great sale di mal yang ada di Tangsel, ada beberapa kegiatan berupa lenong, yang diisi oleh Gubenur Banten, Gubenur DKI,Walikota Tangsel pada 18 November di Pondok Aren. Hingga pengajian bareng bersama Kyai Kanjeng, dan malam puncak HUT Tangsel di Sunburt BSD.

BACA JUGA :   Masjid Jabal Nur Vila Pamulang Gelar Bukber Dan Santunan 150 Anak Yatim 

Sementara Ki Dalang M Yoce Ade Saputra dari Giri Wijaya Group menjelaskan, wayang golek betawi ini ditampilkan agar anak-anak muda di Tangsel dapat mengenal budaya yang berasal dari betawi.”Kita ingin mengenalkan wayang golek untuk anak-anak, karena selama ini Anak-anak lebih mengenal boneka atau berbie, sedangkan sama nama-nama wayang golek atau dengan wayang mereka kurang tertarik, inilah saatnya kita mengajak mereka untuk mengenal wayang, “katanya.

Tidak hanya ada festival wayang, namun ada lomba tarian yang pemenangnya akan tampil di HUT Kota Tangsel pada 26 November mendatang. (humas-kominfo)

Facebook Comments

YusmanH

UKW 2018

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH