Orda ICMI Kota Tangsel Gelar Pengajian Kitab Tafsir Al’Amin

Orda ICMI Kota Tangsel Gelar Pengajian Kitab Tafsir Al’Amin

TANGSEL,Citranewsindonesia-Ketua Organisasi Daerah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar pengajian kajian Kitab Tafsir Al’Amin. Kegiatan yang digelar di Masjid Al’Itisom Komplek Puspemkot Tangsel ini sekaligus melaunching kitab yang sama karya Prof. Dr. H. Muhamad Amin Summa, MH. MA pada Sabtu, 14 Juli 2018.

Dalam pengajian perdana ini dihadiri Ketua Orda ICMI Kota Tangsel yang juga Wakil Walikota Benyamin Davnie. Selain itu, Prof.Dr. Hamdani Anwar MA dan Direktur Pasca sarjana UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Prof. Dr. Syafuri sebagai narasumber kajian tafsir Al’Amin.

BACA JUGA :   Wabup Resmi Menutup Job Fair Kabupaten Tangerang 2019

Dalam acara ini dijelaskan bahwa penafsiran al-Qur’an ada dua bentuk yang selama ini dipakai (diterapkan) oleh para ulama, yaitu: Al-Tafsir Bi al-Ma’tsur (Riwayat), Al-Tafsir Bi al-Ra’y (Pemikiran) dan Al-Isyari.

Corak tafsir Al-Qur’an dibagi menjadi lima. Yakni, Tafsir Shufi, Tafsir Fiqhi, Tafsir Falsaf, Tafsir ‘Ilmiy, dan Tafsir Al-Adab Al-Ijtima’i.

Secara garis besar pada kegiatan tersebut diterangkan bahwa manusia dilahirkan untuk berfikir. Sebagian ulama hukumnya fardlu kifayah bagi setiap muslim untuk mempelajari dan mengkajinya. Karena Allah telah memberikan akal ataupun fikiran bagi manusia untuk melakukan ijtihad dalam mengkaji ayat ayat muhkam mutaybihat. Di dalam Al-Quran pun banyak ayat yang menyebutkan bahwasanya manusia diperintahkan untuk berfikir. Sesungguhnya tafsir Al-Qur’an adalah maksud firman Allah yang terdapat dalam Al-Qur’anul karim.

BACA JUGA :   Wagub Banten : Melalui Safari Ramadhan 1440 H Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat

(Humas-Kominfo)

Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN