CILACAPNEWS

KETUA KOMISI B DPRD CILACAP SERUKAN BENTUK SATGASUS

Foto Ketua Komisi B DPRD Cilacap, H. Kamaludin

Cilacap,CitraNewsIndonesia – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dengan target 1 Trilyun Rupiah. Untuk mewujudkannya, perlu membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgasus) dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan kas daerah khususnya di sektor pariwisata, hotel, parkir, termasuk restoran. Pajak-pajak objek wajib pajak.

Ketua Komisi B DPRD Cilacap, H. Kamaludin mengungkapkan, pembentukan Satgas Khusus harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran, bocor yang dimaksud adalah sesuatu yang bisa kita gali, sesuatu yang bisa kita raih namun tidak tertangani disebabkan lemahnya satuan pengawasan. Maka dengan tambahnya personil, sumber daya manusia, kompetensi dan sebagainya, termasuk sarana dan prasarana Insya Allah itu akan lebih signifikan.

“Karena bicara PAD adalah bicara general Kabupaten Cilacap, itu personil sumber daya manusia. Kemudian sarana prasarana termasuk tapping box dan sebagainya, dalam rangka untuk memberikan suatu pengawasan dan Pendapatan Asli Daerah untuk mengurangi kebocoran-kebocoran sehingga mereka lebih tepat, lebih akurat, dalam rangka meningkatkan PAD” paparnya pada media ini Rabu (15/11/2017) di Gedung DPRD.

Lanjutnya, dalam pantauan PK di lapangan realisasi dari tahun ke tahun meningkat bagus makanya mengalami peningkatan PAD 1 Trilyun Rupiah, itu karena Komisi B senantiasa memberikan kontrol kepada seluruh OWP atau para Objek Wajib Pajak dan para PKD senantiasa keliling, memberikan masukan, pembinaan, dan sebenarnya mereka semua siap untuk memberikan kontribusi tambahan.

BACA JUGA :   CEGAH TERJADINYA KEKERASAN TERHADAP ANAK DENGAN EDUKASI

Namun dari sisi pemerintah dalam hal ini OPD harus berimbang, artinya tidak sekedar menarik pajak, kontribusi dan lain sebagainya tapi mampu memberikan sarana prasarana, baik sarana atau fasilitas, baik fasilitas umum maupun fasilitas lain, infra struktur misalnya. Sehingga kita tidak sekedar menggenjot pajak para wajib pajak baik restoran, hotel, tempat hiburan, parkir, pasar dan lain sebagainya tapi juga mampu memberikan suatu magnet supaya hotel itu laris, tempat hiburan laris. Suatu potensi yang bisa menggenjot itu semua adalah dari sektor pariwisata.

Pemerintah harus serius untuk membangun pariwisata untuk membentuk magnet agar Cilacap menjadi tempat berpariwisata sehingga multi plant effeck itu muncul. Termasuk kita punya primadona Nusa Kambangan yang hanya bisa dilihat tapi tidak bisa kita manfaatkan. Manfaatkan dari sisi indahnya bukan dari sisi yang seperti sekarang contohnya dari tahun ke tahun yang sudah MOU masalah galian C, itu bukan kewenangan kita.

Namun dari tahun ke tahun kita masih mampu ber MOU untuk sektor pariwisata atau disisi lain juga di luar Nusa Kambangan masih banyak, yang walaupun bukan punya kita tapi punya TNI atau Perhutani. Kita masih bisa sharing, bagaimana pemerintah bisa membangun pariwisata yang nanti bisa jadi hiburan dan menjadi magnet untuk orang berduyun-duyun berwisata.

BACA JUGA :   REFLEKSI HARI JADI KABUPATEN CILACAP ke-162 TEKANKAN REVOLUSI MENTAL

Juga perlu kesadaran Pokdarwis masyarakat secara umum, bagaimana masyarakat Cilacap bisa menjadi orang yang ramah, santun sehingga orang-orang/wisatawan itu suka datang ke Cilacap. Santun dalam pelayanan dan ramah dalam penyapaan sehingga bisa menjadi simbol-simbol Cilacap orangnya sangat santun, baik pelayanan pemerintahan atau pelayanan umum. Tidak hanya pariwisata saja tapi seluruh lini mulai dari desa sampai kabupaten ramah dan santun, sigap dan cepat.

yang paling penting adalah ada keseriusan dalam menangani hal ini termasuk dalam hal pendapatan, karena komisi B di bidang pendapatan mestinya dibentuk Satgas Khusus perihal menangani tentang pendapatan pajak, seperti restoran, hotel, dan pariwisata termasuk parkir. Kabupaten lain sudah melakukannya tapi Cilacap belum. “Maka saya berharap dibentuknya Satgas Khusus adalah keharusan demi kemajuan Cilacap” tandasnya.

Penulis : Yos.

Facebook Comments

YusmanH

UKW 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH