DISPERMADES GELAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGUATAN POSYANTEK

Cilacap,CitraNewsIndonesia – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DISPERMADES) Kabupaten Cilacap adakan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Posyantek Tahun 2017.

Kepala DISPERMADES Achmad Arifin SR, SH, MM dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi, Sosial Budaya dan Kelembagaan Desa, Teguh Suprihadi S.Sos menyampaikan, bahwa Posyantekdes merupakan wadah bagi daerah untuk memanfaatkan teknologi yang tepat guna. Sedangkan warung teknologi adalah lembaga pelayanan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis spesifikasi TTG yang mendukung dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Pembentukan dan pengembangan Posyantek adalah menjembatani masyarakat pengguna tehnologi tepat guna dengan sumber TTG, memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan tehnis, pelayanan informasi dan promosi berbagai TTG kepada masyarakat. Meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam rangka pemanfaatan TTG.

Untuk mensukseskan percepatan pemanfaatan TTG telah dibentuk pengurus Posyantek di masing-masing kecamatan dengan surat Keputusan Bupati Cilacap nomor 414.5/70/29/2012 Tanggal 25 Januari 2012 tentang Pembentukan Pengurus Pos Pelayanan Tehnologi Tepat Guna di Kecamatan se- Kabupaten Cilacap lengkap dengan tugas masing-masing jabatan.

Posyantek yang telah dibentuk di Kabupaten Cilacap masih belum berjalan secara optimal karena pengenalan Posyantekdes masih setengah-setengah. Artinya penguatan managemen pengurusan belum ada. Untuk itulah, harus dibekali melalui pelatihan semacam ini.

BACA JUGA :   Peduli Korban Gempa Cianjur, Pemkot Tangsel Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Dengan diadakannya pelatihan penguatan Posyantek Tahun 2017 Pengurus Posyantek di setiap Kecamatan di Kabupaten Cilacap. Pemerintah mengharapkan, seluruh pengurus memahami tugasnya masing-masing dalam memberdayakan dan mengembangkan Posyantek di wilayahnya. Pengurus Posyantek agar dapat menjadi perintis dalam pengenalan, pengembangan dan pemanfaatan TTG, pengurus Posyantek secara lengkap mengerti tentang peningkatan kapasitas serta ketrampilan managemen pengelolaan Posyantek.

“Saya menghimbau semua peserta dapat mengikuti dan menyimak dengan baik kegiatan pelatihan penguatan Posyantek tahun 2017 yang akan disampaikan oleh beberapa narasumber dari Dispermades Kabupaten Cilacap. Karena dari hasil kegiatan pelatihan ini akan ada tindak lanjut yang akan saudara kerjakan seperti yang telah saya sampaikan. Oleh karena itu simak dan tanyakan kepada narasumber apabila ada hal-hal yang dirasakan kurang jelas” Kata Teguh

Dilaksanakannya kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Posyantek di Hotel Tiga Intan Cilacap tanggal 24-25 Oktober 2017. Dengan Peserta 48 orang yang terdiri dari pengurus Posyantek di masing masing kecamatan dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat.

BACA JUGA :   Walikota Airin Buka Muskot Oi Ke-4 Kota Tangerang Selatan

Di tempat berbeda Teguh Suprihadi S.Sos mengatakan pada media ini, secara kelembagaan Wartek dan Posyantek memberikan pelayanan teknis informasi dan pemetaan penggunaan peralatan TTG baik masyarakat dan pelaku usaha ekonomi di desa bagi usaha mikro kecil menengah agar semakin luas dan berkembang menjadi budaya masyarakat dalam memanfaatkan TTG pemberdayaan dan pengembangan Posyantek desa merupakan amanat dari Undang Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Posyantek, bertujuan memberikan pemahaman bagi pengurus Posyantek dalam memberdayakan dan mengembangkan Posyantek di wilayahnya masing-masing, meningkatkan pengetahuan tentang peningkatan kapasitas serta ketrampilan managemen pengelolaan Posyantek, mempersiapkan pengurus posyantek agar dapat menjadi perintis dalam pengembangan dan pemanfaatan TTG.

Metode pembelajaran dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan penguatan Posyantek ini adalah, teori, tanya jawab dan diskusi. Materi yang akan disampaikan strategi membangun desa dengan tehnologi tepat guna, pedoman umum pengembangan Posyantek, penguatan pemberdayaan Posyantek, peranan badan usaha milik desa atau BUMDes dalam strategi pengembangan Posyantek, pengelolaan tertip administrasi Posyantek”, paparnya.

Yos.

Facebook Comments

YusmanH

UKW 2018

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH