Kampung Hompimpa Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia

Kampung Hompimpa Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia

Anak Anak Muda Sedang Bermain Permainan Tradisional

Tangerang,Citranews.id– Kampoeng Hompimpa merupakan sebuah komunitas yang bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional Indonesia dan berlokasi di Tangerang, saat ini telah memiliki komunitas regional pada Semarang, Pontianak, dan Yogyakarta


Kampoeng Hompimpa memiliki visi yaitu melestarikan permainan tradisional serta mengedukasi masyarakat melalui permainan tradisional.

 
Dalam upaya mencapai visi tersebut, maka Kampoeng Hompimpa memiliki tiga misi utama yaitu;
 
1. Mengimplementasikan permainan tradisional secara langsung di sekitar lingkungan masyarakat,
2. Memberikan informasi dan pengetahuan permainan tradisional,
3. Mengedukasi masyarakat melalui permainan tradisional.
 
Awalnya, Kampoeng Hompimpa hanya dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mahasiswa Surya University jurusan Technopreneurship, yang dikerjakan oleh tiga orang, yaitu Muhammad Miftah, Akhmad Muslih dan Marcelino Roderick.

BACA JUGA :   Meski Belum Maksimal, Presiden Jokowi: Kantor Pemerintah di Palu Sudah Layani Masyarakat

Dalam tugas ini, mereka dimandatkan untuk meneliti masalah sosial apa saja yang ada di lingkungan sekitar. Langkah awal yang mereka lakukan kala itu adalah observasi lapangan. 

 
Permasalahan utama yang kami lihat adalah pada permasalahan interaksi anak yang lebih banyak dihabiskan pada permainan online atau permainan modern, Dari situlah kami mencetuskan ide membuat program permainan tradisional yang kaya interaksi dan manfaat untuk tumbuh kembang anak. Mulai dari manfaat perkembangan kognitif anak, interaksi, sekaligus melestarikan kekayaan budaya Indonesia, dalam bentuk permainan tradisional.

BACA JUGA :   Warga Serua Ciputat Keluhkan Galian Kabel PLN dan PT SKM

Kampoeng Hompimpa juga membebaskan siapapun untuk mengunjungi Basecamp mereka yang terletak di Jalan Curug Sangereng RT 02, RW 05, Kelapa Dua, Tangerang untuk bisa bermain permainan tradisional sepuasnya.

Kami berharap komunitas Kampoeng Hompimpa ada di setiap daerah di Indonesia. Untuk itu diperlukan komunitas yang menjadi motor penggerak pelestarian budaya di setiap daerahnya, hingga tidak akan pernah mati. 

Facebook Comments
KABUPATEN TANGERANG