BLHD Tangsel Targetkan Setifikat Adipura 2017

BLHD Tangsel Targetkan Setifikat Adipura 2017

Tangsel,citranewsindonesia,— Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan menargetkan meraih piala adipura di 2017. Untuk mencapai target tersebut BLHD menggelar kegiatan Evaluasi penilaian piala adipura 2015-2016. Pada tahun itu Tangsel memperoleh sertifikat adipura.
Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Sehat, sekolah, serta perusahaan swasta.
Dalam pemaparannya Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, untuk mengejar target piala adipura harus melibatkan seluruh elemen masyarakat. Soalnya, untuk kebersihan kota bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. 
“Seluruh elemen harus bergerak. Kita mulai dari lingkungan terkecil seperti rumah sendiri,” katanya saat Ekspose dan Evaluasi Piala Adipura di Aula Puspemkot Tangsel lantai IV pada Senin (07/11/2016).
Menurutnya, untuk mengejar piala adipura ini jangan hanya pada saat penilaian juri lalu diadakan kegiatan membersihkan lingkungan. Piala Adipura tahun ini harus bisa diraih. Bukan karena ingin penghargaannya, tetapi bagaimana instrumen penilaian Adipura itu bisa betul-betul diterapkan di Kota Tangsel. Baik yang menyangkut kondisi fisik maupun sikap dan prilaku dari manusia itu sendiri dalam hal kebersihan dan lingkungan utamanya soal sampah.
“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk memberikan motivasi kepada kita dalam rangka menciptakan Kota Tangsel yang bersih, sehat, rindang dan indah,” katanya.
Sementara Kepala BLHD Kota Tangerang Selatan Rahmat Salam mengatakan ada sejumlah permasalahan yang menjadi dalam penilaian. Salah satunya, pengelolaan sampah di TPA Cipeucang. “Bau sampah masih menjadi keluhan warga. Ini yang harus kita perbaiki,” ungkapnya.

Penilaian di TPA Cipeucang pada tahun menghambat upaya Tangsel memperoleh piala adipura, tambahnya.

Selain sampah, sambung mantan Sekretaris DPRD ini pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam waktu dekat ini adalah penanganan tiga pasar tradisional, drainase dan sampah di kawasan lingkungan pemukiman. “Juri akan mulai melakukan penilaian mulai hari Kamis (10/11) sampai Sabtu (13/11),” terangnya.   
Rahmat menjelaskan untuk mencapai piala adipura minimal penilaian ada di angka 73. “Kita berharap apa yang kita targetkan tercapai unutk meraih paiala Adipura,” tandasnya. (Red)
Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN