23 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Fastival Palang Pintu, Lestarikan Budaya Betawi Tangsel Hingga Mancanegara

2 min read
Tangsel,citranewsindonesia,— Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerja sama dengan pemuda under chil komunitas plestrian situ bungur, melakukan kegiatan Fastival Palang Pintu Se-Tangsel mulai dari 5-6 November 2016 di Situ Bungur Jalan manjangan Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.
Menurut Yanuar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan sudah tahun ke 4 dalam rangka menjaga kelestrian situ bungur sebagai destinasi wisata air. Selain itu juga fastival ini juga bermaksud untuk mengenalkan kepada warga masyarakat Tangsel tentang bagaimana menjaga akan Pelestarian Lingkungan Salah satunya Situ Bungur. Ungkapnya Yanuar Saat Diwawancarai reporter citranewsindonesia via WhatsApp, Minggu (06/11/2016)
“Selain itu Fastival ini digelar untuk melestarikan budaya betawi, sekaligus untuk mengajak warga betawi pada khususnya dan warga kota Tangerang Selatan untuk peduli akan kelestarian ekosistem situ bungur.”
Bukan hanya itu kegiatan ini diisingan berbagai macam perlombaan diantaranya Memancing yang sebelumnya Pemkot Tangsel sudah menebar sebanyak 200 Kilo Ikan yang dilakukan oleh Benyamin Davnie Walikota Tangsel yang diikuti sebanyak 300 Peserta”.
Bahkan kegiatan lainnya juga seperti Palang Pintu, Qasidah, Lenong Betawi sebagai salah satu budaya daerah Tangsel, dan yang terakhir dengan memulung sampah disekitaran situ Bungur yang dilakukan oleh seluruh masyarakat sekitar. Dan perlombaan ini juga turut memperebutkan piala perbilir Walikota dan Uang Pembinaan yang akan diperebutkan. Terangnya
“Dalam kegiatan Fastival Palang Pintu ini juga Pemkot Tangsel menggelontorkan dana melalui APBD Perubahan 2016 Sebesar 250 Juta melalui Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan.”
Dan saya juga berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat tangsel khususnya para seniman dan budayawan dan mari kita bersama-sama melestarikan budaya betawi tangsel dan untuk memajukan seni dan budaya sampai terkenal kemancanegara. Tutupnya (Dede Richal)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH