Hardiknas Kemenristekdikti Luncurkan 3 Program Unggulan

Tangsel,citranewsindonesia— Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2016 kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan program unggulan baru yaitu Program Beasiswa Unggulan 
Dosen Indonesia (BUDI),Program Penomoran Ijasah Nasional (PIN), dan Sistem Verifikasi Ijasah Secara Elektronik (SIVIL), serta Pusat Pelayanan Terpadu (PINTU). Demikian dikatakan Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dalam sambutannya pada Upacara Hari Pendidikan Nasional 2016 di Puspitek, Serpong Tangerang Selatan, Senin (02/04/2016).
Program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia atqu yang disingkat BUDI adalah program lintas kementerian. Bersama dengan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Direktorat Jendral Sumber Dayq Iptek dan Dikti Kemenristekdikti memberikan kesempatan bagi para dosen Tetap Indonesia dari Perguruan Tinggi Negeri  dan Swasta yqng telah memiliki NIDN dan atau NIDK (Nomor Induk Dowen Nasional dan atqu Nomor Induk Dosen Khusus) melanjutkan pendidikan kejenjang Pascasarjana, baik dalam maupun luar negeri untuk dapat meningkatkan kualitas serta kuantitasnya.
“Dengan mengkolaborasikan pengalaman panjang pengelolaan beasiswa yang telah dikuasi oleh Didjen Sumber Daya Iptek dan Dikti dengan keunggulan cash management yang dimiliki oleh LPDP, sinergi ini akan menguntungkan para penerima beasiswa karena diharapkan proses penerimaan uang beasiswa akan berjalan dengan lancar”. Ujar Menristekdikti dalam sambutannya.
Sementara itu,Penomoran Ijasah Nasional (PIN) dan sistem verifikasi Ijasah secara elektronik (SIVIL) yang diluncurkan dalam rangka Hardiknas 2016 merupakan program yang menjawab keresahan masyarakat terkait pemberitaan tentang maraknya peredaran ijasah palsu pada kurun tahun 2015/2016.
Sistem verifikasi ijasah ini terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi,sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan diperguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi “Sistem Verifikasi Ijasah Secara Online (SIVIL) dan Penomoran Ijasah Nasional (PIN) diharapkqn bukan hanya akan memudahkan masyarakat untuk mengecek keabsahan ijasah yang dikeluarkan perguruan tinggi di Indonesia, dan memudahkan Pemerintah dalam memantau statistic lulusan, tapi juga akan meminimalisir beredarnya ijasah palsu.” Tegas M. Nasir
Program ke tiga yang diluncurkan pada Hardiknas tahun ini adalah PINTU (Pusat Informasi dan pelayanan Terpadu), dimana layanan ini akan mengintegrasikan layanan publik yang ada dikemristekdikti,seperti layanan teknis pendidikan tinggi,layanan perizinan,layanan informasi serta layanan pengaduan.
PINTU dibentuk atas dasar semangat repormasi birokrasi internal,Kemristekdikti sebagaimana yang juga diamanatkan oleh UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik agar terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umumnPemerintahan dan korporasi yang baik. Dan PP Nomor 97 Tahun 2014 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, yqng juga menekankan perlunya membentuk unit pelayanan terpadu yqng diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan publik yang transparan,efisien, dan tepat waktu.
Layanan PINTU ini akan menerapkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari sistem call center hingga help desk yang dapat melayani masyarakat secara datang langsung, tatap muka (off line) maupun tanpa tatap muka (online) dihari dan jam kerja.
“Kita sering mendengar keluhan dari masyarakat umum maupun dari pemangku kepentingan internal mengenai proses pelayanan publik yang sering terkesan lambat dan kurang informatif. Kedepan keluhan seperti iti mudah-mudahan tidak akan kita dengar lagi, karena kita sudah berkomitmen melakukan transformasi pelayanan publik kearah yang lebih baik dengan mewujudkan “PINTU” ini. Pungkasnya Menristekdikti (Dede Richal)
Facebook Comments

YusmanH

UKW 2018

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH