Basuki : Karena Terlalu Lama di Zona Nyaman Lurah dan Camat tidak maksimal melayani masyarakat

Basuki : Karena Terlalu Lama di Zona Nyaman Lurah dan Camat tidak maksimal melayani masyarakat

JAKARTA|CitranewsIndonesia — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai bahwa para lurah dan camat di Jakarta terlalu lama berada di zona nyaman mereka. Hal itu mengakibatkan para pamong masyarakat itu tidak mengerti cara melayani warga.

“Mereka tidak sesuai dengan harapan dan konsep melayaninya karena mereka juga sudah terlalu lama di zona nyaman juga, dan enggak mengerti lagi melayani orang,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Dalam seminar bertema “Plus Minus Lelang Jabatan” di Hotel Sari Pan Pacific, Rabu (11/9/2013) kemarin, Basuki mengatakan bahwa 60 persen lurah dan camat hasil seleksi dan promosi terbuka belum dapat memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Basuki maupun Gubernur DKI Joko Widodo.

BACA JUGA :   Jelang HUT RI-78, Diadakan Berbagai Macam Perlombaan Tingkat Kecamatan Dilaksanakan Di Kelurahan Kramatjati

Basuki menyebutkan, hanya sekitar 40 persen camat dan lurah yang dapat memberikan pelayanan publik baik kepada warganya. Meski demikian, Basuki berpendapat bahwa 40 persen pamong yang melayani secara baik itu dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja 60 persen camat dan lurah yang kinerjanya belum memuaskan.

“Karena mereka juga takut dicopot kan. Kita bilang, ‘Anda ini pas-pasan lho, tapi kita pertahankan dan Anda harus berubah’,” kata Basuki.

Menurut Basuki, Pemprov DKI tidak akan gegabah memutasi lurah dan camat dengan performa kurang memuaskan itu. Pemerintah Provinsi DKI akan terus mengawasi kinerja mereka hingga beberapa bulan ke depan.
Waktu diberikan untuk memperbaiki kinerja dan pelayanannya sebagai pengayom warga di wilayahnya.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi: Jangan Takut Melawan Tindakan Intoleransi Atas Nama Apapun

Setelah itu, Pemprov DKI akan melakukan seleksi kedua untuk menggantikan camat dan lurah yang kinerjanya tidak memuaskan. Rencananya, seleksi jabatan tersebut akan dilakukan setelah Pemprov DKI mendapatkan tenaga pendidik atau guru dan kepala dinas serta staf didinas-dinas.

“Setelah kita dapatkan guru-guru dan dinas yang kompeten, akan kita adakan lelang jabatan lagi dan kita evaluasilah karena bisa saja di tengah jalan langsung kita copot jabatannya,” kata Basuki.

Sumber : Kompas.com

Facebook Comments
DKI JAKARTA NEWS