Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan Buka Acara Pembentukan Forum Desa Sekitar Tempat Wisata Alam

Pangandaran | Citranewsindonesia.com – Pembentukan forum desa sekitar TWA (tempat wisata alam) dibuka langsung oleh wakil Bupati pangandaran H.Ujang Endin Indrawan,Acara dilaksanakan di Hotel Grand Mutiara pantai barat pangandaran,Kamis ( 7/03/2024 ).

Hadir dalam acara tersebut kapolsek pangandaran kompol Usep septian SH.MM Dan AL,ketua PHRI Agus Mulyana,kepala desa pangandaran Adi, kepala desa pananjung Dedi,kades babakan,kasi PMD kecamatan pangandaran Irna,ketua HNSI,ketua pemandu cagar alam dan pemerhati lingkungan.

Dalam sambutan wakil bupati memberikan apresiasi atas pembentukan forum desa sekitar TWA menyampaikan bahwa tujuan wisata cagar alam ini untuk menjaga konserpasi, konserpasi itu hukum nya wajib pengunjung nya sunah jadi dalam artian sunah jangan mengalahkan yang wajib,jadi jangan sampai dirusak harus diprogramkan walaun nanti akan bekerjasama antara KSDA dengan pemerintah desa dan kelompok sadar wisata.
Fungsi awal dari pembentukan kelompok ini harus difungsikan sehingga nantinya bisa merasakan fungsi itu sendiari,” ungkap nya

BACA JUGA :   PT. Jababeka Diduga Mengklaim Tanah Yang Bukan Miliknya

Dede Nurhidayat selaku kepanitiaan diforum desa dari balai KSDA provinsi jawa barat menyampaikan bahwa sebenar nya keberadaan cagar alam dipangandaran dan taman pananjung pangamdaran merupakan tempat konserpasi adalan yang bisa mendukung terkait dengan pembangunan dipangandaran.

Selajut nya tidak terlepas dari itu dalam hal pengelolaan taman wisata alam kita tidak bisa bergerak sendiri kita memerlukan beberapa pihak diharap kan bisa bersinergi bekerjasama dalam pengembangan wisata alam yang berbasis Ekowisata.

Dalam rangka itu untuk menuju arah sinergi bekerjasama senua pihak makanya kita inisiasi adanya pembentukan forum desa sekitara wisata alam pananjung pangandaran.

Jadi diharapkan forum ini jika nanti sepakat dibentuk ini menjadi forum komunkasi secara formal maupun informal dalam hal pengelolaan wisata pananjung pangandaran.

Sehingga nanti dalam pengelolaan tersebut kitikan kita sudah banyak dukungan mudahan tingkat kemajuan pengelolan konseroasi yang berkaitan dengan ekowisata bisa berkembang juga disamping itu ketika ekowisata meningkat bisa menujung kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :   PEMBENTUKAN PRODUK PERDA KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2018

Gagasan awal seperti karena dari pengelolaan tidak bisa bergerak sendiri , kita membutuhkan pihak yang lain untuk berpartisipasi kegiatan wisata karena kegiatan waisata bukan hanya kegiatan ekonomi saja tapi disana ada kegiatan kebudayaan, ilmu pengetahuan makanya kita hadirkan dari unpad sebagai nara sumber dimintai gagasan nya secara ke ilmuan elektual yang bisa disampaikan gagasan dikegiatan ini.

Harapan nya dengan adanya forum desa bisa berfungsi secara baik dikala terjadi permasalahan atau ada yang perlu didiskusikan ketika forum desa sudah terbentuk atau terkomunikasi dengan baik jika ada masalah seperti salah pengelolaan atau isu – isu tertentu dengan penanganan segera nanti bisa lebih mudah ditangulangi,” paparan nya.

 

( iyut.k )

Facebook Comments

Redaksi

***

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH