NEWSTANGERANG SELATAN

Bromelia, Tanaman Hias yang Paling Mudah Dirawat

Tangerang Selatan | Citranewsindonesia.com – Bromelia adalah tanaman hias yang bisa beradaptasi dengan cahaya redup dan tidak perlu sering disiram, tetapi akan tetap berbunga.

Menurut wakil presiden bidang hortikultura botani di Marie Selby Botanical Gardens, di Sarasota, Florida Lara menjelaskan bahwa tidak seperti kebanyakan tanaman hias, bromelia cenderung memiliki “watak yang mudah”. Pasalnya, banyak tanaman hias yang dipasarkan sebagai tanaman hias bersifat epifit.

Lara berbicara berdasarkan pengalaman langsungnya yang luas. Epifit dari empat famili tumbuhan bromelia, anggrek, gesneriad, dan pakis merupakan fokus utama studi di Selby, sebuah fasilitas penelitian terkenal dan daya tarik pengunjung populer yang merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun ini.

“Kebanyakan tumbuhan epifit, atau tanaman udara, tidak membenamkan akarnya ke dalam tanah untuk menyerap kelembapan dan nutrisi. Sebaliknya, mereka menggunakan akarnya untuk menempel pada tanaman lain, terutama pohon dan semak, atau terkadang batu,” jelas Lara.

Bromelia epifit memperoleh makanan bukan dari tanah tetapi dari atmosfer, dan dari organisme hidup lainnya. Desain khusus mereka dengan tangki di tengah seperti vas yang dibentuk oleh roset daun memungkinkan mereka mengumpulkan dan menghemat air. Mereka juga menggunakan tangki mereka untuk mengumpulkan bahan organik seperti serangga atau potongan daun.

BACA JUGA :   Satlak Pendidikan Kecamatan Kramatjati Lakukan Pembinaan Siswa SMK-SMA Pelaku Tawuran

Lara mengatakan bahwa semua ini merupakan taktik bertahan hidup.

“Mereka melakukan apa yang dilakukan tanaman gurun, menyamakannya dengan kemampuan tanaman seperti kaktus dalam menyimpan air dan nutrisi yang mengesankan,” tambahnya.

Dengan sekitar 3.500 spesies dan mungkin 100.000 hibrida bromelia menawarkan banyak sekali pilihan jika mencari tanaman hias.

Kebanyakan bromelia memiliki beberapa kesamaan, yaitu tidak bertangkai, biasanya dengan struktur roset dan mereka hampir secara eksklusif berasal dari daerah tropis dan subtropis dunia baru. Namun selama 500 tahun terakhir, sejak ditemukannya nanas, spesies terestrial, bromeliad telah dipindahkan ke seluruh dunia.

Di tempat lain, mereka senang berada di luar ruangan hanya pada musim panas dan Lara merekomendasikan untuk membawa mereka keluar jika memungkinkan, sehingga mereka dapat menyimpan sumber daya sebelum masa-masa sulit di musim tanam dalam ruangan tiba.

Jika baru mengenal tanaman bromelia, Lara menyarankan jangan memulai dengan bromelia yang terlalu besar atau terlalu berduri.

Pertimbangan praktis seperti itu menentukan kesesuaian tanaman dengan tempatnya. Misalnya, bromeliad besar dengan daun berbentuk mawar yang cukup dalam untuk membentuk tangki penampung air.

BACA JUGA :   Polda Banten Gelar Apel Wisata Libur Natal Dan Tahun Baru Di Mercusuar Anyer

Daftar lima teratas Lara dimulai dengan yang lebih lembut, seperti bromeliad bulu ayam merah muda (Tillandsia cyanea), dengan daun hijau berumput yang membentuk tangki kecil, atau tempat penampungan air, tanaman ini merupakan pilihan yang baik untuk menanam akar telanjang, di keranjang gantung berpalang, atau dipasang dengan tali pengikat pada sepotong kayu. Pemandangan bunga yang harum menyerupai buah pinus merah muda yang besar dan pipih dapat bertahan hingga enam bulan.

Selanjutnya, dia merekomendasikan bintang bumi, atau Cryptanthus. Tepi daunnya yang bergelombang bergerigi, tetapi tidak terlalu menggigit. Bintang bumi bersifat semi-terestrial, sering kali hidup di bebatuan dan pasir di alam liar.

Tanaman lain yang sangat direkomendasikan adalah obor bromeliad (Guzmania lingulata), spesies tak bertulang. Obor berbunga merah adalah bromelia hias pertama yang menarik perhatian kolektor tanaman pada tahun 1776, namun para pemula sejak itu memperkenalkan kultivar dan hibrida. Dengan corak warna kuning, putih, merah jambu, ungu bahkan hijau, semuanya dengan tangki air kecil dan cocok ditanam dalam pot.

(Adinda Maisya) – UIN Jakarta

Facebook Comments

Adinda

Kontributor

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH