Bawaslu Kabupaten Pangandaran Adakan Acara Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pada Masyarakat Pemilu 2024

Bawaslu Kabupaten Pangandaran Adakan Acara Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pada Masyarakat Pemilu 2024

Pangandaran | Citranewsindonesia.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu bersama masyarakat Kabupaten Pangandaran terkait implementasi PerBawaslu 2 tahun 2023 tentang forum warga pengawasan partisipasif pada pemilu tahun 2024.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Partai Politik peserta pemilu 2024, Ormas, OKP, Panwascam dan media, kegiatan sosialiasi dilaksanakan di Pantai Indah Resort Hotel Pangandaran pada Senin (29/5/2023)

Kepada sejumlah wartawan, Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan, melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat harus betul betul pro aktif jangan apatis, punya kesadaran, punya rasa, dan merasa punya tanggung jawab terhadap berjalannya tahapan pemilu tahun 2024 melalui pengawasan partisipatif.

Melalui kegiatan sosialisasi ini Bawaslu Kabupaten Pangandaran menyampaikan dan memberikan sebuah edukasi dan memberikan sebuah pemahaman terkait dengan peran penting masyarakat dalam proses pemilu tahun 2024, tambah Iwan.

BACA JUGA :   DPRD OKU Menggelar Rapat Paripurna Ke-1 Dalam Agenda Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD OKU

“Minimal dalam seluruh proses hingga pelaksanaan pemilu 2024, masyarakat bisa menjaga hak politiknya, baik yang di pilih maupun yang memilih, dalam hal ini baik bagi peserta pemilu atau masyarakat yang memilihnya, tegasnya.

Iwan juga menyampaikan, bahwa masyarakat juga harus mampu mengawal seluruh tahapan pemilu 2024, demi terwujudnya pemilu yang berkualitas dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

“Sosialisasi ini dilaksanakan agar perjalanan pemilu tahun 2024 ini ada partisipatif masyarakat, dan kenapa masyarakat harus terlibat?, “Bukan hanya kabupaten Pangandaran yang memiliki wilayah yang sangat luas, tapi juga karena keterbatasan pengawas pemilu, dengan demikian ini perlu partisipasi masyarakat secara luas untuk bergandeng tangan bagaimana kita sama sama memantau dan mengawasi pelaksanaan proses tahapan pemilu 2024 ini.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kesuburan Padi, Babinsa Madat Bantu Petani Olah Pupuk Organik

Iwan mengaku, hingga hari ini Bawaslu Kabupaten Pangandaran masih melakukan patroli terkait pemutahiran data, dan itu kami juga berharap ada partisipatif masyarakat, agar menghasilkan  analisa data yang benar. jelasnya.

Terkait dengan pengawasan dalam proses pemilu 2024 ini tentu merupakan kepentingan negara untuk kepentingan kita semua dan dalam hal ini kami mempunyai tanggungjawab besar, dan apabila di salah gunakan maka ada konsewensi hukum yang harus kami terima, ungkap Iwan selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran.

(iyut.k)

Facebook Comments
JAWA BARAT KAB PANGANDARAN NEWS