Puluhan Warga Antusias Ikuti Operasi Katarak Gratis PMI Dalam Rangka HUT Kabuten Cilacap ke – 167

Puluhan Warga Antusias Ikuti Operasi Katarak Gratis PMI Dalam Rangka HUT Kabuten Cilacap ke – 167

Kab. Cilacap | CitraNewsIndonesia.com – Puluhan warga antusias mengikuti operasi katarak gratis yang diadakan Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan dilaksanakan di Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kalisabuk, Kesugihan dibuka oleh Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar. Sabtu, (04/03/2023).

Diketahui, operasi katarak gratis tersebut merupakan salah satu kegiatan bakti sosial PMI Kabupaten Cilacap dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-167 Kabupaten Cilacap, disamping operasi bibir sumbing gratis.

Dalam acara operasi katarak gratis tersebut Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar hadir untuk meninjau langsung dan mengungkapkan, operasi katarak gratis dilakukan dikarenakan banyaknya kasus penyakit katarak di Kabupaten Cilacap.

“Kita adakan operasi katarak ini gratis untuk masyarakat, tidak dipungut biaya. Total ada 99 orang pasien yang telah mendaftar dan akan dioperasi pada hari ini dan besok di 2 Rumah Sakit yaitu RSUD Cilacap dan Majenang,” Pj Bupati Cilacap dengan tegas mengatakannya kepada awak media.

BACA JUGA :   Suara WH-Andika Tumbang Dikantong Demokrat Tangsel

Yunita mengutarakan, bahwa operasi katarak gratis tersebut menyasar kepada warga kurang mampu di wilayah Kabupaten Cilacap serta tidak memiliki BPJS.

“Pengobatan operasi katarak diutamakan warga yang kurang mampu, namun bukan berarti yang mampu tidak dilayani. Prinsipnya kalau bersedia silahkan dan kita layani,” ujarnya.

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf menyampaikan, bahwa operasi katarak gratis merupakan salah satu program prioritas PMI di tahun 2023. Dan sekarang ada 54 orang pasien yang akan menjalani operasi di RSUD Cilacap. Dan sisanya 45 pasien besok di RSUD Majenang,” tegasnya.

Lanjut dia, para pasien tersebut sebelumnya menjalani screening terlebih dahulu, baru kemudian diantar menuju RSUD Cilacap menggunakan mobil PMI untuk menjalani operasi katarak.

BACA JUGA :   Polres Tangsel Dan Pemkot Tangsel Lakukan Penandatangan MoU 112

“Setelah dioperasi, mereka diwajibkan kontrol, nggak apa-apa kalau mau langsung pulang ke rumah tapi besok datang lagi ke RSUD untuk check up. Dan bagi yang mau menginap silahkan, kita siapkan. Untuk makan dan sebagainya juga nanti kita siapkan, ada dapur umum,” Jelasnya.

Lanjut Farid menjelaskan, operasi katarak gratis sebelumnya telah dilaksanakan oleh PMI Cilacap dalam rangka HUT ke-77 PMI pada Oktober 2022 sebanyak 106 orang pasien.

“Ini instruksi Bu Pj Bupati supaya operasi katarak diadakan dalam rangka Hari Jadi ke-167 Kabupaten Cilacap, karena uang datang dari masyarakat dan dikembalikan untuk masyarakat,” kata Farid.

(Jos)

Facebook Comments
CILACAP JAWA TENGAH NEWS