2 Februari 2023

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Jalan Provinsi Menuju Nias Barat Putus, Akibatkan BBM Dan Bahan Pokok Lainnya Menjadi Langka

2 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Putusnya akses jalan Provinsi menuju Nias Barat pada ruas Dola-Duria tepatnya di KM 27 Desa Fadoro Hunogoa Kecamatan Hiliserangkai Kabupaten Nias, mengakibatkan BBM langka di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kabupaten Nias Barat. Akibatnya antrian panjang kendaraan pada SPBU di Onolimbu – Rabu,(14/12/2022).

Tidak hanya kelangkaan BBM, tetapi berdasarkan hasil pemantauan di beberapa lokasi, sejak putusnya jalan di Fadoro Hunogoa tersebut, beberapa jenis bahan pokok di wilayah Kabupaten Nias Barat, terlihat mulai langka dan harganya mengalami kenaikan.

Walaupun ruas jalan tersebut berada di wilayah Kabupaten Nias, namun yang paling mengalami dampak putusnya jalan tersebut adalah Kabupaten Nias Barat. Karena jalan tersebut merupakan akses jalan satu-satunya dari Kabupaten Nias Barat menuju Gunungsitoli dan sebaliknya.

Sejak awal putusnya jalan tersebut, Bupati Nias Barat telah melakukan upaya agar jalan tersebut dapat ditangani. Diketahui bahwa Bupati Nias Barat telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Bina Konstuksi Provinsi Sumatera Utara bahkan menyurati langsung Gubernur Sumatera Utara untuk melaporkan kondisi dan memohon agar jalan tersebut ditangani oleh OPD terkait.

BACA JUGA :   Pementasan Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya dirangkai dengan Tanam Raya

Permohonan Bupati Nias Barat tersebut direspon baik oleh pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dengan melakukan penanganan sementara jalan tersebut sehingga bisa dilalui kembali oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Namun akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Pulau Nias, pada Selasa malam (13/12/2022) jalan tersebut kembali putus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Mendapatkan laporan bahwa jalan tersebut kembali putus, Bupati Nias Barat kembali melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk kepada Thomas Dachi, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara asal Pulau Nias, agar jalan tersebut dilakukan penangan oleh OPD terkait sehingga dapat dilalui kembali oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Hal tersebut mendapat respon baik dari Thomas Dachi. Setelah mendapat informasi dari Bupati Nias Barat, Ia menghubungi Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara supaya memperbaiki jalan tersebut dan sesuai informasi pada Rabu (14/12/2022) pukul 05.00 WIB pagi, alat berat dari Dinas BMBK telah tiba di lokasi untuk melakukan perbaikan jalan di Hunogoa.

BACA JUGA :   Wakapolda Banten Hadiri Lepas Sambut Danrem 064/MY

Reaksi cepat Bupati Khenoki Waruwu melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, diapresiasi oleh Thomas Dachi, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra. Ia bahkan mengatakan, pihaknya bersama Dinas PUTR Nias Barat akan mengawasi langsung pekerjaan tersebut.

“Wajar kita acungkan jempol kepada Pak Bupati Nias Barat, berdasarkan koordinasi Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dengan berbagai pihak tadi malam, maka tadi pagi sekitar pukul 5.00 alat berat milik PUPR Provinsi meluncur kelokasi KM 27 untuk memperbaiki jalan yang putus tersebut. Dan saya sudah sepakat dengan Pak Bupati Nias Barat dan Kadis PUTR Kab. Nias Barat untuk mengawasi langsung pekerjaan tersebut”, tulis Thomas Dachi melalui akun fecebooknya.

Berdasarkan informasi dari Yusuf Nache, ST., M.M., Kepala Dinas PUTR Kabupaten Nias Barat, sekitar pukul 15.00 WIB, jalan tersebut sudah dilalui kembali oleh kendaraan.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH