Wakil Rektor IV UT Dan Wabup Nias Barat Resmikan Gedung Sentral Layanan UT

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Wakil Rektor IV Universitas Terbuka Bidang Kerjasama Rahmat Budiman dan Wabup Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si meresmikan penggunaan Sentral Layanan Universitas Terbuka (SALUT) di Kepulauan Nias yang berpusat di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara – Senin, (5/12/2022).

Hadir dalam peresmian SALUT ini Direktur UT Medan Yusrafiddin, mantan Bupati Nias Barat Faduhusi Daely dan beberapa undangan lainnya.

Peresmian SALUT tersebut merupakan bukti komitmen UT dalam rangka menjangkau layanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah terpencil seperti Kepulauan Nias, Ujar Wakil Rektor IV.

Lebih lanjut Rahmat memaparkan bahwa kerja sama antara UT dan Pemda Nias Barat di awali dengan kunjungan Wabup Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si di kampus UT pada 4 Oktober 2021 dan bertemu dengan Rektor UT beserta pimpinan UT lainnya, untuk membicarakan kerja sama dalam hal pembukaan SALUT di Nias Barat.

BACA JUGA :   PKB Tangsel Peringati Hari Lahir ke-18

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, setelah melalui proses panjang dan atas hasil kajian, UT memutuskan untuk bekerja sama dengan Pemda Nias Barat, sehingga pada 19 Januari 2022 dilakukan penandatangan MoU antara Bupati Nias Barat dan Rektor Universitas Terbuka di Kampus UT Pondok Cabe.

Kemudian pada 4 Februari 2022 dilanjutkan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS), yang ditandatangani oleh Sekda Nias Barat dan Direktur UT Medan di Kampus UT Medan.

Warek IV UT berharap agar SALUT dioptimalkan penggunaannya dan memberikan kemudahan kepada mahasiswa UT di Kepulauan Nias, sehingga ke depan dapat berdampak pada peningkatan kualitas SDM di Nias. Sebab kedepannya kualitas SDM sangat menentukan kemajuan suatu bangsa maupun daerah, ujar Rahmat.

Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si mengaku terharu atas peresmian SALUT di Nias Barat. Sebab pembukaan SALUT merupakan salah satu upaya Pemerintah Nias Barat dalam meningkatkan kualitas SDM di Kepulauan Nias, khususnya di Nias Barat.

BACA JUGA :   Polri Mengajar Edukasi Kepada Masyarakat Tentang Pendidikan Anti Korupsi Dan Literasi Digital

“Saya masih ingat betul saat melakukan komunikasi dengan pimpinan UT, saya meyakinkan pihak UT dengan memberikan argementasi yang logis bahwa SALUT sangat diperlukan di kepulauan Nias, dan lokasinya di Nias Barat mengingat belum ada perguruan tinggi di Nias Barat,” ujar Dr. Era Era Hia.

“Dengan peresmian SALUT ini, saya berharap generasi muda kepulauan Nias khususnya Nias Barat bisa memanfaatkan SALUT untuk memudahkan akses layanan Pendidikan tinggi di UT, sehingga kelak kualitas SDM dapat meningkat. Dengan kualitas SDM yang baik tentu daerah ini bisa maju di masa mendatang,” tambah Dr. Era Era Hia

(Alexander Zai)

Facebook Comments

Alexander zai

KEPALA BIRO

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH