31 Januari 2023

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Perjalanan Panjang Hadirnya Sentral Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Di Nias Barat

3 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Perjalanan Panjang hadirnya Sentral Layan Universitas Terbuka (SALUT) di Kabupaten Nias Barat diawali pada tanggal 4 Oktober 2021, saat itu WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si menemui Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus.,Ph.D didampingin oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D di kampus Universitas Terbuka Pondok Cabe. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si diruang kerjanya Selasa, 29 Nopember 2022.

Dihadapan Rektor UT, WABUP Nias Barat memaparkan strategi peningkatan kualitas SDM di Nias Barat, salah satunya agar UT berkenan membuka Sentral Layanan Universitas Terbuka (SALUT) di Kepulauan Nias yang berpusat di Nias Barat.

Pada saat tersebut, Rektor UT berjanji untuk mengkaji lebih lanjut melalui UT Medan. Pada pertemuan tersebut, WABUP ditemani oleh Penghubung Pemda Nias Barat di Jabodetabek Da’onitehe Hia.

Pada tanggal 21 Oktober 2021 : WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si, didampingin oleh Asisten I Pemkab Nias Barat Drs. Darman Gulo dan Lena Waruwu, SH menemui Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, MA di UT Medan, untuk membicarakan tindak lanjut pertemuan WABUP Nias Barat dengan Rektor UT tanggal 4 Oktober 2021. Dan, pada tanggal 23 November 2021 : Wakil Rektor IV Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D dan Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, MA bertemu Pokja UT se-Kepulauan Nias di Kaliki, hadir saat itu WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si, Staf Ahli Bupati Drs. Turunan Gulo dan Lena Waruwu, untuk mensosialisasikan rencana pembukaan SALUT di Nias Barat.

BACA JUGA :   Soekirman Terima Kunjungan Audensi MNSBDI

24 November 2021 : Warek IV Universitas Terbuka Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D dan Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, MA berkunjung ke Nias Barat untuk melakukan survey lokasi Sentral Layanan Universitas Terbuka (SALUT), sambil membicarakan MoU antara Pemda Nias Barat dan UT.

Kemudian, pada tanggal 19 Januari 2022 dilaksnakan Penandatangan MoU antara Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dan Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus.,Ph.D di Kampus UT Pondok Cabe. Hadir menyaksikan Wabup Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si beserta rombongan dari Nias Barat.

Selanjutnya pada tanggal 4 Febuari 2022 : Wabup Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Terbuka Bapak Dr. Mohammad Yunus, S.S.,MA menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan Universitas Terbuka di UT Medan dalam rangka pembukaan Sentral Layanan Universitas Terbuka (SALUT), yang ditandangani Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo dan Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, MA. Penandatangan PKS ini merupakan tindak lanjut MoU yang ditanda-tangani pada 19 Januari 2022.

BACA JUGA :   Andre Blek : "Pemimpin Muda Harus Identik Dengan Gagasan Baru Yang Ditawarkan"

Pada tanggal 3 Juni 2022 WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si menemui Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, MA untuk mendiskusikan percepatan pelaksanaan PKS agar SALUT di Nias Barat dapat beroperasi.

Akhirnya, pada tanggal 28 Juli 2022 WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si menemui Wakil Rektor IV Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D untuk berdiskusi agar renovasi SALUT di percepat prosesnya. Alhasil pada tanggal 23 September 2022, Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, MA dan rombongan meninjau renovasi SALUT di Nias Barat. Ikut mendampingin WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si yang akhirnya pada tanggal 5 Desember 2022, Gedung Sentral Layanan Universitas Terbuka (SALUT) diresmikan penggunaannya oleh Wakil Rektor IV Universitas Terbuka.

Perjuangan yang Panjang akhirnya membuahkan hasil yang baik untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Nias Barat, papar WABUP Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si mengakhiri.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH